get app
inews
Aa Read Next : Kukuhkan Pengurus Baru PSM dan TKSK, Sumarno Dorong Agar Merespon Cepat Persoalan Sosial

Harry Sanusi, Pendiri Permen Kino yang Sukses

Senin, 15 Agustus 2022 | 11:54 WIB
header img
Perjalanan pendiri permen Kino Harry Sanusi bikin perusahaan 10 orang jadi ribuan karyawan. Foto: kino.co.id

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Harry Sanusi adalah pendiri PT Kino Indonesia Tbk (KINO). Saat ini, dia menjabat sebagai Presiden Komisaris KINO. 

Kesuksesannya diraih dengan cara yang tidak mudah. Sejak berusia 10 tahun, dia sudah harus membantu usaha orang tuanya. Harry sudah terjun ke dunia bisnis untuk menjual produk kebutuhan sehari-hari, mulai dari makanan, minuman hingga obat-obatan.

Pria lulusan Farmasi Universitas Pancasila ini mengawali bisnis secara otodidak. Pada 1991, dia mendirikan perusahaan distribusi skala kecil bernama PT Dutalestasri Sentratama. 

Karyawan awalnya hanya 10 orang. Bahkan, dia sempat merangkap menjadi sopir, salesman, helper hingga kolektor karena sedikitnya pekerja.

Kemudian pada 1997, dia mendirikan PT Kino Sentra Industrindo (KSI), yang fokus pada makanan ringan seperti permen, snack, cokelat dan minuman berperisa dalam bentuk serbuk. 

Harry membangun pabrik permen bermerek Kino di Semarang, Jawa Tengah. Produk pertama yang diluncurkan KSI adalah Kino Candy.

Dia menciptakan permen lunak atau soft candy yang proses pembuatannya lebih sulit dari permen biasa. Melihat permen lunak yang hanya memiliki rasa buah, dia memutuskan untuk membuat permen lunak dengan rasa yang berbeda, yakni rasa kopi. 

Melihat keberhasilan pencapaian sebelumnya, pada 1999, perseroan mendirikan PT Kinocare Era Kosmetindo sebagai produsen aneka produk perawatan tubuh untuk semua gender dan usia. Pada 2014, PT Kinocare Era Kosmetindo berganti nama menjadi PT Kino Indonesia. 

Produk pertama yang diluncurkan adalah pembersih muka, vitamin rambut, sabun khusus daerah kewanitaan, dan parfum dalam bentuk gel serta pasta gigi herbal.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut