get app
inews
Aa Read Next : Kawasan Ikonik dan Andalan di Yogyakarta, Tahukah Kamu Asal Usul Nama Malioboro?

Satu Pekan ini Gunung Merapi Alami 43 Guguran Lava

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:46 WIB
header img
Terjadi guguran lava sebanyak 43 kali ke arah barat daya dalam sepekan terakhir.(Foto: iNews.id)

YOGYAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Tehnologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat terjadi guguran lava sebanyak 43 kali ke arah barat daya dalam sepekan terakhir. Guguran tersebut dominan ke arah sungai Bebeng, dengan jarak luncur maksimal 1.500 meter.

Kepala BPPTKG, Agus Budi Santosa menuturkan selain guguran lava, pihaknya juga menemukan adanya pertumbuhan kubah di dua tempat. Pada kubah barat daya teramati adanya pertumbuhan kubah, volume kubah terhitung sebesar 1.664.000 m³, Sedangkan untuk kubah tengah sebesar 2.772.000 m³.

"Penambahan volume kubah lava ini menunjukkan jika Merapi masih aktif," ujar dia, Sabtu (13/8/2022).

BPPTKG juga mencatat Intensitas kegempaan pada minggu ini masih cukup tinggi. Agus menyebut dalam minggu ini kegempaan Gunung Merapi tercatat 13 kali gempa Vulkanik Dangkal (VTB), 582 kali gempa Fase Banyak (MP), 633 kali gempa Guguran (RF), 159 kali gempa Hembusan (DG), dan 5 kali gempa Tektonik (TT).

Deformasi atau perubahan bentuk puncak Merapi juga terus berlangsung. Dimana jarak tunjam di sektor barat laut berkisar pada jarak 4.029,645 m hingga 4.029,659 m. Sementara dari GPS di Klatakan-Plawangan berkisar pada 6.164,04 m hingga 6.164,05 m.

Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM dan GPS pada minggu ini tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. 

"Untuk hujan dan Lahar pada minggu ini tidak dilaporkan terjadi," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut