get app
inews
Aa Read Next : SD di Surakarta Ini Gunakan M1 Smart Card di Kantin Sehat sebagai Excellent Service

Demi Pendidikan, Puluhan Siswa SD di Cianjur Seberangi Sungai Berarus Deras

Minggu, 31 Juli 2022 | 23:00 WIB
header img
Puluhan siswa SDN Padawaras, di Desa Sukaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur, setiap hari terpaksa menerobos air Sungai Ciujung yang berarus deras untuk berangkat dan pulang sekolah. Foto Ist

CIANJUR, iNewsJatenginfo.id – Meski harus bertaruh nyawa menyeberangi Sungai Ciujung yang berarus deras, para siswa Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Cianjur tetap melakukannya sebagai rutinitas setiap hari saat berangkat dan pulang dari sekolah.

Aksi nekat tersebut dilakukan puluhan siswa SDN Padawaras, di Desa Sukaluyu, Kecamatan Cikadu, Kabupaten Cianjur. Para siswa sangat terpaksa menerobos air Sungai Ciujung yang kerap meluap dan mengancam keselamatan.

Tidak ada akses jalan lain memaksa anak-anak di desa tersebut untuk membuang rasa takut untuk bertaruh nyawa demi menuntut ilmu. Para siswa setiap hari melintasi Sungai Ciujung dengan jarak sekitar 100 meter, melawan arus deras Sungai Ciujung.

"Setiap hari anak anak harus menyeberangi sungai. Karena lokasi sekolah beda kecamatan," kata Eyep (48), guru SDN Padawaras, Sabtu (30/07).

Meski ada rakit atau perahu, ujar Eyep, namun tak sedikit anak anak memilih melintas dengan berjalan menyeberangi sungai. "Kalau musim hujan, kasihan sama anak anak, karena air sungai sering meluap dan banjir. Sehingga, banyak anak anak yang tidak masuk sekolah, karena tidak ada jalan lagi," ujarnya.

Menurut Eyep, sejak 2018, jembatan gantung sebagai akses satu-satunya warga yang menghubungkan Kecamatan Cikadu, Cidaun, dan Naringgul, hanyut akibat banjir bandang. Namun, sejak jembatan tersebut putus, sampai saat ini belum ada pembangunan baru, baik dari Pemkab Cianjur maupun Provinsi Jabar.

"Kami berharap kepada pemerintah baik daerah, Provinsi dan pusat tolong bantu kami, bangun kembali jembatan ini, karena kami dan warga lainya juga anak sekolah sangat membutuhkan jembatan gantung yang permanen," tutur Eyep.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut