get app
inews
Aa Read Next : Kebun Kopi Seluas Satu Hektare di Temanggung Terancam Longsor Akibat Tanah Gerak

Warga Lereng Gunung Sindoro Miliki Ritual Adat Jawa, Tradisi Wiwit Tembakau

Sabtu, 30 Juli 2022 | 09:06 WIB
header img
Tradisi wiwit tembakau mengawali masa panen tembakau Tahun 2022 warga lereng Gunung Sindoro di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Foto: Antara

TEMANGGUNG, iNewsJatenginfo.id - Tradisi wiwit tembakau mengawali masa panen tembakau Tahun 2022 warga lereng Gunung Sindoro di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng). Kegiatan tradisi ini dipusatkan di Desa Mranggen Tengah, Kecamatan Bansari, Jumat (29/7). 

Dalam tradisi wiwit tembakau tersebut setiap keluarga membawa kelengkapan upacara, antara lain nasi tumpeng, ingkung dan jajan pasar. Wiwit tembakau ini sudah berjalan lama, mengakar dalam tradisi masyarakat khususnya di Kabupaten Temanggung.

"Tradisi wiwit tembakau ini dilakukan sebagai rasa syukur dan doa agar petani dalam mengolah tembakau mendapatkan rezeki banyak," ujar Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Jumat (29/7).

Dia berharap petani tembakau senantiasa menjaga kualitas tembakau Temanggung dengan berbagai cara, antara lain menggunakan bibit tembakau Temanggung, mengolah dengan benar dan tidak dicampur dengan tembakau dari luar daerah agar tembakau asli Temanggung tetap terjaga kualitasnya.

"Kalau kualitasnya tetap terjaga harapannya pabrik rokok juga dapat memberikan harga sesuai dengan kualitasnya," katanya.

Wiwit tembakau ritual adat Jawa

Sesepuh Desa Mranggen Tengah Surono menjelaskan, wiwit tembakau ini suatu tradisi yang harus dilestarikan karena memang budaya dari nenek moyang.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut