get app
inews
Aa Read Next : Tiga Bulan Beroperasi, RS UNIMUS Raih Akreditasi Paripurna dengan Layanan Unggulan

MTQ Jateng Hadirkan Band Ungu dan Seribu Penerbang Hadroh pada Pembukaan

Kamis, 21 Juli 2022 | 13:46 WIB
header img
Rapat persiapan MTQ Jateng. Foto: ist

Kali Pertama

Kepala Biro Kesra Pemprov Jateng Imam Masykur menjelaskan, MTQ Jawa Tengah di Kota Semarang berlangsung 22-25 Juli 2022. Merupakan MTQ pertama pasca pandemic Covid-19 yang diselenggarakan di Kota Semarang.

‘’Selama ini MTQ Jateng diadakan di Asrama Haji Donohudan Boyolali. Ini kali pertama diluar asrama haji. Mudah-mudahan Kota Semarang bisa menjadi percontohan,’’ kata Imam Masykur.

Panitia Bidang Humas Agus Fathuddin Yusuf menjelaskan, cabang musabaqah yang dilombakan sama dengan yang dilombakan di tingkat nasional.

‘’Jadi para juara baik qari-qariah, hafidz-hafidzah maupun mufasir-mufasirah yang menjadi juara Jateng, biasanya dipersiapkan mewakili Jateng di MTQ Nasional yang akan diselenggarakan di Banjarbaru, Kalimantan Selatan,’’ kata Agus.

Cabang musabaqah yaitu tartil Qur’an, tilawah golongan anak-anak, tilawah golongan remaja, tilawah dewasa dan tilawah tuna netra.

Qiraat mujawwad dewasa, qiraat murattal remaja dan qiraat murattal dewasa. Cabang hafalan atau tahfidz terdiri hafalan 1 juz dan tilawah, hafalan 5 juz dan tilawah, hafalan 10 juz, hafalan 20 juz dan hafalan 30 juz.

Cabang tafsir terdiri tafsir Bahasa Inggris dan hafalan 15 juz, tafsir Bahasa Indonesia dan hafalan 30 juz dan tafsir Bahasa Arab dan hafalan 30 juz.

Cabang berikutnya fahm Al-Qur’an, Syarh Al-Qur’an. Seni kaligrafi golongan naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer. Cabang lainnya yaitu musabaqah karya tulis Al-Qur’an Mahasiwa.

Tempat perlombaan tersebar di 16 lokasi antara lain Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Jalan Gajahraya Semarang, Masjid Agung Semarang (MAS) Alun-alun Kauman Semarang, aula Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah, aula Lokakrida Balai Kota Semarang, Masjid Al-Hikmah Kanwil Kementerian Agama Jateng Jalan Sisingamangaraja Semarang, SMA Negeri 3 dan Gradhika Bhakti Pradja jalan Pahlawan Semarang.

Pada upacara penutupan akan dibarengkan dengan Jateng Bershalawat menghadirkan Habib Ali Zainal Abidin dari Pekalongan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut