get app
inews
Aa Read Next : Pelatihan Pembuatan Yoghurt Guna Meningkatkan Keterampilan Anggota PKK Desa Blumbangrejo

Kolaboratif, Mahasiswa KKN Kenalkan Tari Bali Gopala di Salatiga

Rabu, 20 Juli 2022 | 22:15 WIB
header img
Latihan tari Bali oleh mahasiswa KKN Kolaboratif di dusun Bendosari, Kumpulrejo, Argomulyo, Salatiga. Foto: ist

SALATIGA. iNewsJatenginfo.id - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kolaboratif Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang memberikan pelatihan rutin Tari Bali kepada anak-anak Dusun Bendosari, Kelurahan Kumpulrejo, Kecamatan Argomulyo, Salatiga.

Kegiatan pelatihan Tari Bali tersebut merupakan salah satu program kerja yang dilaksanakan secara rutin setiap hari Kamis dan Jumat pukul 15.30 - 17.00 WIB di Balai Rw. 005 setempat.

Para siswa yang terdiri dari anak laki-laki dari jenjang Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP) tersebut antusias mengikuti tari Tari Gopala. 

Pande Putu Agus Putra Bawa, salah satu mahasiswa yang melatih anak-anak tersebut menjelaskan Tari Gopala menceritakan tentang sekelompok pengembala remaja yang periang gembira.

"Tari Gopala merupakan tarian yang menceritakan segala aktivitas sekelompok orang pengembala remaja yang periang gembira dengan makna sebagai penyemangat dan penghibur,” ujarnya dalam keterfangan tertulis yang diterima iNesSemarang.id, Selasa (19/7).

Karena, menurut mahasiswa UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar itu, dengan gerakan yang sederhana dari modifikasi kegiatan pengembala di ladang.
Adapun harapan dari pelatihan Tari Bali ini yaitu untuk mengenalkan salah satu tarian dari budaya luar Jawa. Selain itu juga sebagai sarana penanaman pemahaman tentang moderasi beragama sejak usia dini.

"Dengan adanya pelatihan tari bali yang dilaksanakan oleh KKN UIN Walisongo yang berkolaborasi dengan UHN I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar dapat berdampak positif bagi generasi muda di dusun Bendosari setra menambah pemahaman mereka tentang moderasi beragama," jelas Made Krisna Putra, salah satu pelatih lain. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut