Kurikulum Merdeka dan Segudang Manfaatnya

Ikrima Maulida
Ilustrasi Proses Pembelajaran, sumber : Dokumentasi Pribadi

Pembelajaran berdiferensiasi sangat cocok diterapkan karena dalam pembelajaran ini pendidik merencanakan dan menyusun bahan, aktivitas, tugas yang akan dikerjakan di sekolah ataupun di rumah dan evaluasi akhir yang disesuaikan dengan kesiapan, minat dan apa yang disukai peserta didik. Pembelajaran ini dapat menantang peserta didik belajar lebih dalam, memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjadi tutor sebaya, dan membuat pendidik kembali belajar menyadari bahwa tidak semua peserta didik dapat disamaratakan proses pembelajarannya. 

Pembelajaran berdiferensiasi ini dibedakan menjadi tiga yakni diferensiasi konten, proses dan produk sehingga pembelajaran ini membuat siswa semakin termotivasi dalam proses pembelajaran. Melalui kegiatan pembelajaran berdiferensiasi, semua  kebutuhan  belajar  siswa  terakomodir  sesuai  minat atau profil belajar yang dimiliki. Pada kelas yang menerapkan  pembelajaran  diferensiasi,  guru  harus berpikir bahwa para siswa memiliki kebutuhan belajar yang beragam dan berbeda satu dengan yang lainnya. 

Beberapa penelitian juga telah menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif pada pembelajaran. Penelitian yang dilakukan oleh Herwina Wiwin (2021) menyatakan bahwa pembelajaran berdiferensiasi mampu membantu murid mencapai hasil belajar optimal, karena produk yang akan  mereka  hasilkan  sesuai  minat  mereka. Penelitian lain juga dilakukan oleh Faiz Aiman, dkk (2022) menyatakan bahwa pembelajaran  berdiferensiasi memberikan  kesempatan bagi  siswa  agar  mampu  belajar  secara  natural  dan  efiisien  dengan  guru  yang  mampu mengkolaborasikan metode dan pendekatan yang dibutuhkan.
Kurikulum merdeka tentu memberikan banyak hal baru dalam dunia Pendidikan Indonesia. Hal baru tersebut tentu hal positif yang dapat meningkatkan mutu Pendidikan. Karena mutu Pendidikan Indonesia harus didukung oleh mutu dan kualitas guru juga kurikulum sebagai elemen Pendidikan. Keduanya harus berjalan beriringan untuk menghasilkan peserta didik yang berkualitas tidak hanya dari segi akademik tetapi non akademik juga. Semoga semua elemen baik pemerintah hingga warga masyarakat terus mau mendukung kebaikan dan kemajuan mutu Pendidikan Indonesia.


Oleh : Ikrima Maulida, Aktivitas Perempuan Asal Bali

Editor : Iman Nurhayanto

Sebelumnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network