Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Laelalina Farikhah
Dokumen. Ist

iNewsJatenginfo.id - Sistem Pendidikan Indonesia atau kurikulum pembelajaran dalam setiap periodesasinya sering mengalami perubahan yang signifikan. Proses perubahan sistem pendidikan ini didasarkan dengan menyesuaikan perkembangan zaman serta kebutuhan pendidik dan peserta didik. Adanya perubahan tentu bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. 

 

Salah satu dari beberapa kurikulum yang berubah adalah Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022-2023 berdasarkan Kepmendikbudristek Nomor 56 Tahun 2022 tentang Penerapan Kurikulum Merdeka. Melihat pemerataan pendidikan yang ada di Indonesia yang masih terbilang cukup kurang serta dipengaruhi dengan adanya dampak dari covid-19, dibutuhkan sistem pembelajaran yang dapat memulihkan proses pembelajaran serta dapat mengcover permasalahan tersebut, sehingga dicetuskan lah Kurikulum Merdeka.

 

Kurikulum Merdeka memiliki tujuan untuk mewujudkan pembelajaran yang bermakna dan efektif dalam meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan akhlak mulia serta menumbuhkembangkan cipta, rasa, dan karsa pesera didik sebagai pelajar sepanjang hayat yang berkarakter Pancasila. 

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network