13 Hari Jelang Musywil PWM Jawa Tengah

*Oleh Khafid Sirotudin
Khafid Sirotudin, Ketua LHKP-PWM Jateng 2015-2022. Foto: Ist

Etika Berorganisasi

Sebagai kader Muhammadiyah yang pernah aktif di PR-IPM sd PP IPM, Ketua PDPM/Waket PWPM Jateng, saya menyadari betapa pentingnya etika berorganisasi yang baik. Apalagi ketika mau berkhidmat di Muhammadiyah, tentu membutuhkan ketulusan hati tingkat tinggi, kerelaan waktu- pikiran-tenaga tingkat dewa, logistik memadai agar mandiri, dan semangat berkobar agar beroleh pahala maksimal.

Saya sering berseloroh di hadapan peserta pengkaderan adik-adik IPM/IMM/NA/PM :
"Jika kalian bekerja secara baik, maka siap-siaplah dibully. Apalagi jika kalian melakukan sedikit kesalahan, maka siap-siaplah untuk dibully, dicibir bahkan dipinggirkan oleh mereka yang merasa suci di Muhammadiyah. Sebab hadiah terindah menjadi kader itu pahala dan surga, bukan jam dinding, kulkas, sepeda atau umroh gratis."

2 hari menjelang penutupan kesediaan sebagai calon PWM, saya sowan Dr. H. Tafsir, M.Ag Ketua PWM Jateng di Singosari 33 Semarang. Beliau adalah teman, sahabat, lawan debat dan diskusi yang baik, sejak berkhidmat di PWPM Jateng. Beliau juga yang 'nembung' langsung saya agar berkenan menjadi Ketua LHKP-PWM Jateng 2015-2022.

Saya selalu menolak menjadi Ketua/Sekretaris Majlis dan Lembaga PWM, sejak aktif menjadi Pengurus DPW PAN 1999-2014. Bukan tidak mau mengabdi di persyarikatan, namun lebih tidak ingin terjadi pertentangan kepentingan (vested interest) sebagai pribadi, pengurus parpol dengan posisi sebagai pimpinan Majlis/Lembaga PWM. Akan tetapi sebagai kader bangsa, saya selalu berkomunikasi dan silaturahmi dengan PWM Jateng. Minimal 2-3 kali setahun dikala reses dan selama 2 periode menjadi anggota DPRD Jawa Tengah. Selama menjadi aktivis parpol (kader bangsa), kami menjadikan PWM Jateng sebagai penasehat spiritual dan intelektual yang handal. Sesuai tradisi organisasi dan etika Pimpinan Muhammadiyah yang selalu memberi solusi, manfaat dan menggembirakan umat.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network