13 Hari Jelang Musywil PWM Jawa Tengah

*Oleh Khafid Sirotudin
Khafid Sirotudin, Ketua LHKP-PWM Jateng 2015-2022. Foto: Ist

Fenomena munculnya rebutan jabatan di berbagai AUM Mata Air, pengajuan ijin menjabat sebagai Petinggi AUM lebih 2 periode, dan berlomba menjadi Ketua/Sekretaris Majlis dan Lembaga yang memiliki akses dana umat dan AUM Mata Air menjadi salah satu indikator. Indikator lainnya berupa adanya saham perorangan pada PT BUMM (Badan Usaha Milik Muhammadiyah).

Bukankah di Muhammadiyah semua profesi, jabatan dan posisi dinilai mulia dan setara sebagai sarana membuat monumen amal shalih. Pada RSMA, posisi tukang parkir dan direksi dipandang setara untuk menghadirkan amal shalih pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat. Di PTM, posisi Rektor/Direktur dan Satpam/Tukang Kebun dinilai mulia dan setara guna menghasilkan amal shalih berupa pelayanan pendidikan terbaik bagi mahasiswa. Begitu juga dengan ribuan AUM dihadirkan Muhammadiyah yang mencirikan diri sebagai gerakan Islam, gerakan dakwah dan gerakan tajdid.

Adapun terdapat perbedaan penghasilan dan pendapatan di setiap posisi dan jabatan AUM, menurut kami lumrah, wajar dan selaras secara proporsional dengan tanggungjawab, wewenang dan resiko di setiap SOTK (Susunan Organisasi dan Tata Kelola) AUM. Sebagaimana Qaidah AUM yang telah dikeluarkan PP Muhammadiyah selama ini, dan rasanya masih perlu sedikit perbaikan dan penyempurnaan.

Pilihlah Kita

Sistem pemilihan Pimpinan Muhammadiyah sudah teruji melewati jaman. Untuk Muswil proses pencalonan pimpinan dimulai dari usulan nama (dicalonkan) PDM dan Ortom Wilayah. Bukan mencalonkan diri, sebagaimana parpol, lembaga negara dan organisasi kemasyarakatan lain. Setelah diverifikasi dan memenuhi standar teknis administratif, oleh Panitia Pemilihan (Panlih) setiap nama dikirimi form kesediaan. Nama-nama yang memenuhi persyaratan dan menyatakan bersedia, dipilih menjadi 39 nama pada Muspimwil.

Editor : Iman Nurhayanto

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4 5 6 7

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network