get app
inews
Aa Read Next : Guru Honorer dan Upaya Kesejahteraan dari Pemerintah

Nadiem Makarim Sukses Dirikan Gojek, Startup Decacorn Pertama di Indonesia ini Kisahnya

Minggu, 12 Juni 2022 | 09:58 WIB
header img
Nadiem A Makarim. Foto: Sindonews

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Aplikasi Gojek di bawah naungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa merupakan startup atau perusahaan rintisan pertama asal Indonesia dengan status decacorn. Pendiri startup ini adalah Nadiem Makarim.

Nadiem merupakan putra Nono Anwar Makarim seorang pengacara dan intelektual, sedangkan ibunya bernama Atika Algadrie seorang penulis lepas. Nadiem lahir di Singapura pada 4 Juli 1984. 

Nadiem kerap berpindah-pindah sekolah saat duduk di bangku SD dan SMP. Kemudian saat menginjak bangku SMA, dia bersekolah di Singapura. Setelah itu, dia melanjutkan kuliah di Brown University jurusan Internasional Relation. 

Setelah lulus, dia sempat bekerja sebagai konsultan manajemen dan Mckinsey & Company. Tiga tahun kemudian, dia memilih melanjutkan pendidikan di Harvard Business School, dengan jurusan business administration hingga mendapat gelar MBA. 

Usai menyelesaikan pendidikannya, Nadiem kembali ke Indonesia dan melanjutkan karier di Tanah Air. Nadiem sempat menjadi Managing Editor di Zalora Indonesia, dan Chief Innovation Officer di Kartuku.

Ide awal pembuatan Gojek muncul setelah berinteraksi dengan tukang ojek konvensional yang sering digunakan jasanya saat berangkat kerja. Awalnya, Nadiem sering mendengarkan curhatan para tukang ojek yang merasa sulit dalam mendapatkan penumpang. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut