get app
inews
Aa Read Next : Guru Honorer dan Upaya Kesejahteraan dari Pemerintah

Nadiem Makarim Sukses Dirikan Gojek, Startup Decacorn Pertama di Indonesia ini Kisahnya

Minggu, 12 Juni 2022 | 09:58 WIB
header img
Nadiem A Makarim. Foto: Sindonews

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Aplikasi Gojek di bawah naungan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa merupakan startup atau perusahaan rintisan pertama asal Indonesia dengan status decacorn. Pendiri startup ini adalah Nadiem Makarim.

Nadiem merupakan putra Nono Anwar Makarim seorang pengacara dan intelektual, sedangkan ibunya bernama Atika Algadrie seorang penulis lepas. Nadiem lahir di Singapura pada 4 Juli 1984. 

Nadiem kerap berpindah-pindah sekolah saat duduk di bangku SD dan SMP. Kemudian saat menginjak bangku SMA, dia bersekolah di Singapura. Setelah itu, dia melanjutkan kuliah di Brown University jurusan Internasional Relation. 

Setelah lulus, dia sempat bekerja sebagai konsultan manajemen dan Mckinsey & Company. Tiga tahun kemudian, dia memilih melanjutkan pendidikan di Harvard Business School, dengan jurusan business administration hingga mendapat gelar MBA. 

Usai menyelesaikan pendidikannya, Nadiem kembali ke Indonesia dan melanjutkan karier di Tanah Air. Nadiem sempat menjadi Managing Editor di Zalora Indonesia, dan Chief Innovation Officer di Kartuku.

Ide awal pembuatan Gojek muncul setelah berinteraksi dengan tukang ojek konvensional yang sering digunakan jasanya saat berangkat kerja. Awalnya, Nadiem sering mendengarkan curhatan para tukang ojek yang merasa sulit dalam mendapatkan penumpang. 

Hal ini dia jadikan sebagai peluang. Berawal dari permasalahan yang ditemui di kalangan para ojek pangkalan, akhirnya Nadiem mulai mendirikan startup bernama Gojek pada 13 Oktober 2010.

Saat awal berdiri, Gojek hanya memiliki 20 pengemudi. Untuk menghubungkan antara pengemudi dan penumpang, Gojek mulanya hanya mengandalkan call center. Namun beberapa tahun kemudian, tepatnya pada 2014, tawaran investasi mulai berdatangan sehingga pada 7 Januari 2015, Nadiem meluncurkan aplikasi Gojek di Android dan iOS untuk lebih memudahkan penumpang memesan ojek.

Seiring berjalannya waktu, Gojek berkembang signifikan dari segi layanan yang awalnya hanya layanan ojek, kemudian menawarkan fitur dan layanan lainnya. Kini masyarakat tidak hanya bisa menggunakan layanan antar jemput tapi dalam memesan makanan, mengirim barang, membeli tiket dan lainnya. 

Kesuksesan perusahaan yang dirintisnya membuat Gojek menjadi startup dengan status unicorn pertama di Indonesia. Kemudian status tersebut menjadi decacorn pada 2019 atau ketika usianya baru 34 tahun.

Berkat kesuksesannya, Nadiem pernah masuk dalam daftar 150 orang terkaya di Indonesia versi Majalah Globe pada 2018, dengan kekayaan mencapai 100 juta dolar AS. Berkat kesuksesannya di usia muda, dia juga dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi pada usia 35 tahun, yang menjadikannya menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut