get app
inews
Aa Read Next : Dorong Cakada Libatkan Penyandang Disabilitas di Pilkada 2024, Bendum Perindo: Mereka Memiliki Hak

Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah dengan Membaca Doa Akhir Tahun-Awal Tahun

Minggu, 07 Juli 2024 | 13:08 WIB
header img
Ilustrasi keutamaan membaca doa akhir tahun-awal tahun hijriah bagi muslim. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Salah satu amalan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram yakni membaca doa akhir tahun dan awal tahun 1 Muharram 1446 Hijriah. Sebab, ada keutamaan membaca kedua doa tersebut bagi yang mengamalkannya.

Sesuai kalender, Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah tahun ini jatuh pada hari Minggu, 7 Juli 2024.

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan dalam Islam. Di bulan itu banyak peristiwa-peristiwa besar yang dialami para nabi.

Allah SWT berfirman dalam Alquran:

اِنَّ عِدَّةَ الشُّهُوْرِ عِنْدَ اللّٰهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِيْ كِتٰبِ اللّٰهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ مِنْهَآ اَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۗذٰلِكَ الدِّيْنُ الْقَيِّمُ ەۙ فَلَا تَظْلِمُوْا فِيْهِنَّ اَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِيْنَ كَاۤفَّةً كَمَا يُقَاتِلُوْنَكُمْ كَاۤفَّةً ۗوَاعْلَمُوْٓا اَنَّ اللّٰهَ مَعَ الْمُتَّقِيْنَ

Artinya: Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu,dan perangilah musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasannya Allah beserta orang-orang yang bertaqwa. (QS. At Taubah: 36)

Dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw telah bersabda: "Sesungguhnya zaman telah berputar seperti keadaannya semula sejak hari Allah menciptakan langit dan bumi. Dan sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan Langit dan bumi diantaranya empat bulan haram (suci); tiga di antaranya berturut-turut, yaitu Zul Qadah, Zul Hijjah, dan Muharram, sedangkan lainnya ialah Rajab Mudar yang terletak di antara bulan Jumada dan bulan Syaban".

Ada beberapa amalan menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah di antaranya membaca doa akhir tahun dan awal tahun hijriah, shalat malam, membaca Surat Yasin, Ayat Kursi dan bersedekah.

Keutamaan Doa Akhir Tahun-awal Tahun 1 Muharram 1446 Hijriah
Keutamaan memanjatkan doa dalam mengakhiri tahun dan mengawali tahun baru diharapkan dosa-dosa yang dilakukan bisa mendapat ampunan dari Allah SWT. Selain itu, mengharap keberkahan dan rezeki melimpah serta dijauhkan dari godaan setan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut