get app
inews
Aa Read Next : Life Skill Daarun Najaah Menggagas Futsal Anti Narkoba

Bulan Penuh Pahala, Inilah 7 Keutamaan Bulan Dzulqa'dah

Selasa, 14 Mei 2024 | 14:46 WIB
header img
Ilustrasi keutamaan Bulan Dzulqa'dah dalam Islam yang merupakan satu dari empat bulan haram yang pahalanya dilipatgandakan. (Foto: Freepik)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Keutamaan Bulan Dzulqa'dah dalam Islam merupakan satu dari empat bulan haram yang dimuliakan Allah.

Bulan Dzluqa'dah adalah bulan ke-11 dalam kalender Hijriah atau penanggalan Islam. Bulan ini diapit Syawal dan Dzulhijjah. Karena bulan ini diapit antara lebaran Syawal dan Lebaran Haji, masyarakat Jawa menyebutnya bulan Apit. 

Bulan Dzulqa'dah 1445 H jatuh pada Minggu, 10 Mei 2024. Bulan Dzulqa'dah ini juga disebut dengan Al-Qadah, dapat juga disebut Al-Qidah. Dinamakan demikian karena mereka (orang-orang Arab) diam di tempatnya, tidak mengadakan peperangan, tidak pula bepergian. Dijamakkan menjadi zawatul qa’dah.

Dilansir dari laman MUI, Dari segi kebahasaan, Dzulqadah berasal dari bahasa Arab dan terbentuk dari gabungan dua kata. Pertama kata dzu yang biasa diartikan “memiliki”, dan kedua qa’dah seperti dikutip dari al-Mu’jam al-Wasith kata tersebut berarti tempat yang diduduki. (al-Mu’jam 2/748).

Jika diterjemahkan apa adanya ke dalam bahasa Indonesia, arti kata Dzulqadah adalah “bulan duduk-duduk”. Sekilas penamaan ini akan tampak aneh dan tidak biasa bagi orang Indonesia, akan tetapi jika ditelusuri, penamaan bulan Dzuqadah ternyata memiliki alasan yang cukup dalam.

Terkait alasan penamaannya, al-Biruni dalam salah satu karyanya “al-Atsar al-Baqiyah ‘anil Qurun al-Khaliyah“ menerangkan Dzulqadah orang Arab bahkan sebelum Islam, lebih banyak berdiam diri di rumah. Selain itu, di bulan Dzulqadah orang Arab lebih memilih “duduk” menahan diri dari peperangan. (al-Atsar al-Baqiyah, 69, 416).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut