get app
inews
Aa Read Next : Kemendikbudristek Sosialisasikan Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Anggota MWA di UNS

Sempat Jadi Pedagang Asongan, Inilah Kisah Yudho Yudhanto Dosen Berprestasi di UNS

Rabu, 10 April 2024 | 03:26 WIB
header img
Yudho Yudhanto, dosen berprestasi di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. (Foto: UNS)

Di tahun 2022, Yudho menerima penghargaan sebagai Dosen UNS dengan peringkat pertama Inventor dan Kreator terproduktif untuk kategori Hak Cipta. Penghargaan ini dia dapatkan dalam Bidang Program Komputer dan Informatika.

Selama menjadi dosen, Yudho mengambil inisiatif mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) hak cipta atas karya produk aplikasi yang pernah dibuatnya. Banyak kolaborasi yang terjadi selama pembuatan produk tersebut. Beberapa di antaranya selalu melibatkan sesama dosen dan juga mahasiswanya.

“Teman-teman mahasiswa itu selain wajib mampu programming, juga harus aware terhadap perlindungan hasil intelektualnya. Dengan menghargai karya sendiri maka tentu saja akan menimbulkan sifat menghargai karya orang lain,” ujar Yudho dikutip dari laman resmi UNS, Selasa (9/4/2024).

Tidak sampai di situ, produktivitasnya cukup terbukti dengan artikel penelitian yang terpublikasi pada jurnal bereputasi Scopus. Banyak topik penelitian yang didalami founder startup Biptek ini, seperti Virtual Reality (VR), Bisnis IT dan Sistem Informasi. Dia pun kini sedang merambah dunia lebih spesifik yakni UI/UX atau User Interface/User Experience.

Proses yang dilalui tidaklah singkat. Kata kunci yang dipegangnya selama ini fokus dan bersemangat. Dengan nilai tersebut, bapak dari dua anak ini memulai pengalaman publikasi artikelnya. Seperti pada umumnya, pasti diawali dengan jurnal nasional.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut