get app
inews
Aa Read Next : Suhu Dingin di Paris Buat Timnas Indonesia U-23 harus Cepat Adaptasi

Fakta-fakta Dibalik Indonesia Hajar Vietnam, Hapus Kutukan yang Terbentang 20 Tahun

Rabu, 27 Maret 2024 | 16:29 WIB
header img
Ada sejumlah fakta Timnas Indonesia menghajar Vietnam pada matchday keempat Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Selasa (26/3/2024) malam WIB. (Dok PSSI)

3. Ranking FIFA Naik Geser Malaysia

Kemenangan ini menambah poin Indonesia menjadi 1102.7. Akun Footy Ranking memprediksi Garuda naik empat tingkat dari ranking 139 menjadi 135, persis di bawah Malaysia (134)/sebelum dikalahkan Oman. Ada empat negara yang digeser Indonesia yakni Kuwait (138), Lithunia (137), Latvia (136) dan Nicaragua (135). Bahkan Indonesia menggeser Malaysia setelah kalah 0-2 dari Oman di laga lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

4. Mengakhiri Penantian 20 Tahun

Timnas Indonesia mengakhiri penantian 20 tahun untuk bisa meraih kemenangan di kandang Vietnam. Sebab, Garuda terakhir kali merasakan kemenangan di My Dinh National Stadium pada 11 Desember 2004.

Menariknya, kala itu Timnas Indonesia juga sukses meraih kemenangan 3-0 atas Vietnam dalam laga ketiga Piala Tiger atau sekarang Piala AFF 2004. Muhammad Mauli Lessy, Boaz Solossa, dan Ilham Jaya Kesuma sukses membawa Timnas Indonesia meraih kemenangan telak di Hanoi.

5. Jalan ke Piala Dunia Makin Dekat 

Kemenangan ini sekaligus membuat Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 karena sedang menghuni peringkat dua klasemen Grup F dengan koleksi tujuh poin. Mereka terpaut lima angka dari Irak yang sudah dipastikan pasti lolos. Sementara Vietnam di posisi tiga dengan tiga poin. Timnas Indonesia hanya tinggal menyisakan dua pertandingan di Grup F dengan menghadapi Irak pada 6 Juni dan Filipina pada 11 Juni mendatang. 

Dalam dua laga itu, Skuad Garuda bisa dibilang mendapat keuntungan karena bermain di hadapan publiknya sendiri.  Untuk lolos ke putaran ketiga, pasukan Shin Tae-yong hanya butuh satu syarat. Timnas Indonesia hanya butuh mengunci kemenangan diantara laga kontra Irak ataupun Vietnam. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut