get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Tegaskan Bansos Tidak Boleh Digunakan untuk Kepentingan Paslon di Pilkada 2024

Bansos di Jakarta Pakai Label APBD, Anies Baswedan: Supaya Rakyat Tahu dari Pajak Mereka

Senin, 05 Februari 2024 | 20:38 WIB
header img
Capres Anies Baswedan usai menghadiri debat terakhir Pilpres 2024 di JCC Jakarta. (Foto MPI).

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Calon Presiden nomor urut 1, Anies Baswedan bercerita soal pembagian bantuan sosial (bansos) saat dirinya menjadi Gubernur DKI Jakarta. Bansos selalu dilabeli dengan kalimat bantuan dari pemerintah yang menggunakan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

"Ketika kami bertugas di Jakarta, pemberian bansos kami beri label yang jelas bahwa bantuan ini didanai oleh APBD," kata Anies di JCC, Senayan usai menghadiri debat, Minggu (4/4/2024).

Hal itu, kata Anies, dilakukan agar rakyat juga mengetahui bansos datang dari pajak rakyat yang diatur pemerintah. Bansos menurutnya merupakan bantuan bagi rakyat yang membutuhkan.

"Supaya yang menerima itu tahu bahwa bansos ini dari pajak yang diatur pemerintah," katanya.

Bansos menurutnya juga harus dibagikan tepat sasaran dan menggunakan mekanisme birokrasi yang benar. Oleh karenanya akurasi data penerima bansos menjadi bagian yang penting.

Ia pun mencanangkan program bansos plus. Program bansos plus ialah bansos yang jumlahnya ditambah hingga pemberian pendampingan.

"Plusnya apa? Ditingkatkan nominalnya, jumlahnya, dipastikan penerimanya tepat dan ketiga diberikan pendampingan supaya mereka cepat naik kelas," tutupnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut