get app
inews
Aa Read Next : Panitia Nyepi Nasional Gelar Baksos Pengobatan Gratis serta Saka Yoga Festival di Candi Kedulan

Penjelasan Prof Zubairi Soal Polio Bisa Sebabkan Penderitanya Meninggal Dunia

Selasa, 09 Januari 2024 | 22:33 WIB
header img
Ilustrasi penderita polio. (foto: istimewa)

KLATEN, iNewsJatenginfo.id – Kementerian Kesehatan mengabarkan menemukan satu kasus positif polio di Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Mengacu pada hal tersebut, Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Profesor Zubairi Djoerban mengatakan polio bisa menyebabkan penderitanya meninggal dunia. 

Lantas apa yang menyebabkan penderita polio berakhir pada kematian? Prof Zubairi mengatakan jika penderita polio mengalami kondisi otot pernapasan yang tidak dapat bergerak, fatal akibatnya.

“Karena faktanya menurut data WHO, satu dari 200 infeksi polio bisa sebabkan kelumpuhan permanen dan 5-10 persen meninggal,” kata Profesor Zubairi, dikutip dalam akun X miliknya @ProfesorZubairi, Minggu (7/1/2024).

Menurutnya, virus polio memang dapat menyerang sistem saraf dan bisa sebabkan kelumpuhan total hanya dalam dalam waktu hitungan jam. Didominasi kalangan anak-anak di bawah lima tahun, biasanya virus ini juga dapat menyerang siapapun  yang belum tervaksinasi.

Risiko akan semakin tinggi, jika sanitasi lingkungan buruk karena virus juga ada dalam feses dan menyebar. Virus dapat menular serta masuk melalui mulut, kemudian berkembang biak di dalam usus. Biasanya hal ini terjadi lewat makanan dan minuman yang terkontaminasi virus.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut