get app
inews
Aa Read Next : Kelenteng Tek Hay Kiong Buka Pintu dan Pasang Bendera Siap Sambut Imlek

Kemenkes Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Seluruh Masyarakat, Gratis Hanya untuk Kelompok Rentan

Senin, 01 Januari 2024 | 22:54 WIB
header img
Mulai 1 Januari 2024 vaksinasi Covid-19 berbayar, Kemenkes masih akan memberikan gratis hanya untuk kelompok rentan. (Foto: Reuters)

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus menggencarkan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat Indonesia. Kebijakan vaksin gratis telah diterapkan hingga 31 Desember 2023. 

Namun mulai 1 Januari 2024, vaksinasi Covid-19 akan berbayar. Meski demikian, Kemenkes masih akan memberikan vaksinasi Covid-19 gratis untuk kelompok rentan.

"Nantinya ada dua kelompok yang menjadi sasaran imunisasi Covid-19 program dan mendapatkan imunisasi Covid-19 gratis," ujar Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr Maxi Rein Rondonuwu pada siaran pers Kemenkes dilansir Senin (1/1/2024).

Kelompok pertama yakni orang yang belum pernah menerima vaksin Covid-19 sama sekali selama hidupnya. Kelompok kedua adalah masyarakat yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 minimal satu kali. 

Kelompok rentan tersebut seperti lansia, seluruh orang dalam komorbid, tenaga kesehatan, ibu hamil, dan remaja usia 12 tahun ke atas serta orang dalam kondisi immunocompromised sedang–berat. Ini dilakukan untuk melindungi mereka dari risiko fatalitas dan kematian akibat Covid-19. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut