Logo Network
Network

Inilah Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan

Tim iNewsJatenginfo.id
.
Senin, 04 Desember 2023 | 19:57 WIB
Inilah Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan
Dr dr Renni Yuniati SpDVE FINSDV FAADV (Spesialis Dermato Venereologi Estetika). Foto: Ist

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Merawat kulit dengan baik selama musim hujan penting untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan terhidrasi. 

Beberapa tips untuk merawat kulit saat musim hujan diberikan oleh dosen Fakultas Kedokteran Uniersitas Diponegoro Semarang Dr dr Renni Yuniati SpDVE FINSDV FAADV ( Spesialis Dermato Venereologi Estetika ). Apa itu tipsnya, berikut ini bisa dicoba :

1. Gunakan Pelembap yang Kaya: Jika udara cenderung lebih dingin dan kering selama musim hujan, gunakan pelembap yang kaya dan tebal untuk menjaga kelembapan kulit. Pilih pelembap dengan bahan-bahan seperti ceramide, gliserin, atau hyaluronic acid yang membantu mengunci kelembapan di dalam kulit.

2. Jaga Hidrasi: Meskipun musim hujan, tetaplah minum air yang cukup untuk menjaga hidrasi kulit Anda dari dalam. Konsumsi cukup air setiap hari agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

3. Bersihkan Wajah dengan Lembut: Hindari mencuci wajah dengan air yang terlalu panas. Gunakan air hangat atau sedikit lebih dingin dan pilih pembersih wajah yang lembut dan tidak mengeringkan kulit. Jangan lupa untuk membersihkan wajah dua kali sehari dan menghapus seluruh make-up sebelum tidur.

4. Gunakan Tabir Surya: Meskipun cuaca berawan atau hujan, sinar UV tetap dapat merusak kulit Anda. Gunakan tabir surya dengan SPF yang memadai, terutama jika Anda akan berada di luar ruangan meskipun dalam kondisi hujan.

5. Perhatikan Kebersihan Kulit: Jaga kulit tetap bersih dengan membersihkan tubuh Anda secara teratur. Setelah kegiatan yang terpapar air hujan, pastikan untuk segera mengeringkan dengan handuk lembut untuk menghindari kulit lembap yang dapat menyebabkan iritasi atau infeksi kulit.

6. Gunakan Produk Antioksidan: Pertimbangkan untuk menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung antioksidan, seperti vitamin C atau vitamin E. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas.

7. Jaga Kuku dan Kaki: Musim hujan juga dapat mempengaruhi kesehatan kuku dan kulit di sekitarnya. Pastikan untuk menjaga kebersihan kuku dan kaki, hindari penggunaan kaus kaki atau sepatu yang lembap, dan gunakan pelembap khusus untuk area kaki yang kering.

8. Gunakan Lip Balm: Bibir cenderung kering dan pecah-pecah selama musim hujan. Gunakan lip balm yang melembapkan untuk menjaga kelembapan bibir Anda.

Selalu perhatikan keadaan kulit Anda dan sesuaikan perawatan sesuai kebutuhan individu Anda. Jika kulit Anda memiliki masalah khusus atau sensitivitas tertentu, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kulit atau profesional perawatan kulit untuk saran yang lebih spesifik.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Bagikan Artikel Ini