get app
inews
Aa Read Next : Inilah Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan

5 Cara Mengobati Gatal Akibat Jamur di Kulit, Jangan Digaruk!

Selasa, 02 Januari 2024 | 18:15 WIB
header img
Ilustrasi mengobati jamur di kulit. (foto: Istimewa)

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Menjaga kesehatan kulit tentu penting untuk kenyamanan dan kecantikan. Beberapa penyakit kulit seperti jamur biasanya rentan menyerang akibat kebiasaan yang kurang bersih.

Jamur pada kulit tentu akan memberikan rasa gatal dan tak nyaman. Kebersihan yang buruk, kelembapan, dan iklim yang hangat kemungkinan menjadi penyebab infeksi jamur.

Bila Anda terlanjur terkena infeksi jamur, jangan panik. Selain memerhatikan kebersihan, ada beberapa cara jitu untuk mengatasi jamur pada kulit agar cepat mereda.

Penasaran, seperti apa tips mengobati jamur pada kulit? Berikut lima caranya dilansir PharmEasy, Selasa (2/1/2024).

1. Cuci dengan Sabun dan Air

Cara pertama ialah membersihkannya dengan sabun dan air. Bersihkan area yang terkena jamur dengan sabun dan air dua kali sehari sebelum menggunakan obat. Meskipun sabun dan air mungkin tidak selalu dapat menghilangkan infeksi jamur sepenuhnya, hal ini dapat membantu menekan penyebaran dan menurunkan intensitas infeksi.

2. Tea Tree Oil

Menggunakan minyak pohon teh atau tea tree oil bisa meredakan jamur. Minyak ini secara alami bersifat antijamur dan antibakteri. Campurkan dengan minyak kelapa atau minyak zaitun dan oleskan pada area yang terinfeksi sekitar tiga hingga empat kali sehari. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan yang paling efektif untuk mengobati infeksi jamur.

3. Kunyit

Kunyit adalah bumbu antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat. Untuk menggunakannya, campur kunyit bubuk atau yang sudah dihaluskan dengan sedikit air dan oleskan pada area yang terinfeksi. Anda juga bisa mengonsumsinya dengan campurkan air hangat, atau dibuat menjadi teh kunyit. Ini adalah salah satu pengobatan rumahan termudah untuk infeksi jamur.

4. Lidah Buaya

Salah satu solusi alami yang paling teruji untuk menyembuhkan infeksi kulit dan jamur adalah lidah buaya. Tidak hanya mengobati infeksi tetapi juga menenangkan dan memperbaiki kerusakan kulit. Sensasi sejuk pada lidah buaya juga mengurangi rasa gatal yang diakibatkan infeksi jamur tersebut.

5. Yoghurt dan Probiotik

Satu lagi cara untuk menghilangkan jamur pada kulit ialah mengonsumsi yoghurt dan probiotik. Yoghurt dan probiotik lainnya memiliki banyak bakteri baik yang membantu mencegah infeksi jamur. Asupan ini juga melawan mikroba yang menyebabkan infeksi. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut