get app
inews
Aa Read Next : Inilah Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan

5 Tips Lindungi Kulit Wajah saat Cuaca Panas Ekstrem

Rabu, 27 Desember 2023 | 22:21 WIB
header img
ilustrasi kulit kering karena cuaca ekstrem. (Foto: istimewa)

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Cuaca panas akhir-akhir ini kembali menyerang beberapa kota di Indonesia. Suhu yang sangat ekstrim membuat paparan sinar matahari semakin panas dan berdampak buruk bagi kesehatan kulit, khususnya wajah. 

Kulit menjadi kering dan mudah kusam ketika musim panas. Tak hanya itu, cuaca yang panas juga membuat tubuh memproduksi keringat lebih banyak, sehingga pori-pori kulit wajah mudah tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan munculnya jerawat lho.

Untuk mencegah segala dampak buruk dari ekstrimnya cuaca panas terhadap kulit, yuk simak beberapa tips untuk menjaga kelembaban kulit agar tetap sehat dan glowing. Berikut caranya dikutip dari beberapa sumber, Rabu (20/12/2023):

Jaga kulit terhidrasi

Cara yang paling mudah untuk menghidrasi kulit dari dalam yakni meminum banyak air putih. Selain membantu memenuhi cairan dalam tubuh, air putih juga memberikan kelembaban alami pada kulit. Ingat meski menggunakan produk skincare yang mahal, hasil yang diberikan tidak akan optimal jika tidak dibarengi dengan konsumsi air putih yang cukup.

Lindungi kulit dengan sunscreen 

Paparan sinar matahari secara langsung ke kulit dapat menyebabkan penuaan dini, kulit terbakar, bahkan yang parahnya kanker kulit. Sunscreen wajib dipakai sebagai pelindung kulit dari luar. Jika banyak beraktivitas di luar ruangan, sebaiknya gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya kembali setiap dua jam sekali agar kulit wajah memiliki proteksi yang maksimal. 

Pilih moisturizer dengan bahan yang menghidrasi

Siapa bilang moisturizer hanya diperlukan saat musim dingin saja? Nyatanya moisturizer juga sangat penting digunakan untuk cuaca panas yang ekstrem lho. Beberapa kandungan moisturizer yang dapat menghidrasi kulit secara optimal yaitu asam hialuronat, gliserin, atau ceramide. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat mencegah terjadinya iritasi, keriput pada wajah, dan juga penyebab timbulnya komedo.

Hindari minuman manis kemasan

Saat cuaca sedang panas-panasnya memang sangat menggiurkan melihat minuman kemasan yang terpajang di kulkas. Tapi tahan dulu, minuman manis kemasan ternyata memberikan dampak buruk bagi kesehatan, utamanya kulit. Minuman seperti soda, jus kotak, dan minuman energi memiliki kandungan gula yang tinggi, menyebabkan meningkatnya kadar insulin. Melonjaknya kadar insulin dalam tubuh dapat membuat produksi minyak meningkat dan penyumbatan pori-pori dan menimbulkan jerawat pada wajah.

Konsumsi buah dan sayur 

Daripada mengonsumsi minuman manis dalam kemasan, sebaiknya mencari alternatif yang lebih sehat seperti jus buah dan sayur. Jika tidak suka jus sayur dan buah, coba makan sayuran dalam bentuk salad dengan berbagai saus dressing atau diolah menjadi masakan yang sehat. Konon buah yang cocok dikonsumsi saat cuaca panas adalah semangka, strawberry, anggur yang kaya akan antioksidan dan vitamin C. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut