get app
inews
Aa Read Next : Komisioner KPU Boyolali Sebut Tiga TPS Akan Lakukan Pemungutan Suara Ulang

Meriah! Peringati Haul Ki Ageng Singoprono Digelar Kirab Budaya di Desa Nglembu

Senin, 25 September 2023 | 10:13 WIB
header img
Kirab Budaya Peringati Haul Ki Ageng Singoprono di Desa Nglembu, Minggu (24/9/2023).(Foto: Diskominfo-Byl)

BOYOLALI, iNewsJatenginfo.idKirab Budaya dilakukan warga masyarakat Desa Nglembu, Kecamatan Sambi, boyolali dalam rangka Haul Ki Ageng Singoprono, seorang pemimpin masyarakat atau sering disebut Demang dan ulama penyebar agama Islam daerah Simowalen pada masa kerajaan Mataram sekitar abad ke XVII.

Kirab diikuti lebih dari 600 orang terdiri dari 25 kelompok, seperti penunggang kuda, kereta, prajurit, gunungan hasil bumi dan apem, Kyai dan berbagai kelompok lain. Kirab budaya yang menjadi agenda tahunan warga setempat itu dilaksanakan pada Minggu (24/9/2023) dari Balai Desa Nglembu hingga Gunung Tugel tempat Ki Ageng Singoprono dimakamkan.

Pegiat sejarah dan budaya Soloraya, R. Surojo, menceritakan Ki Ageng Singoprono adalah sosok yang sangat bijaksana dalam memimpin rakyatnya dan mengajarkan agama Islam. Selain itu, Ki Ageng Singoprono juga ahli dibidang pertanian hingga diberi julukan Syekh Jagung, karena berhasil menghimbau masyarakat untuk menanam jagung pada saat itu hingga mencapai panen raya. Ditambahkan Surojo, Ki Ageng Singoprono juga merupakan pemimpin yang sederhana.

"Beliau ini seorang yang sederhana, seorang yang bijaksana, seorang yang arif, dengan kearifan yang dibawa inilah bisa membawa keberkahan dari masyarakat, dan beliau juga menginspirasi bagi masyarakat Simo, Sambi sehingga jasa beliau dikenal hingga sekarang." terangnya.

Kepala Desa Nglembu Sutoto menjelaskan, kegiatan Kirab Budaya ini merupakan kerjasama antara Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali bersama Pemerintah Desa Nglembu. Ia mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat karena mempererat silaturahmi dan menggerakkan ekonomi masyarakat.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut