get app
inews
Aa Read Next : Antusias Anak-anak Ikuti Penyuluhan Pendidikan Agama Islam dan Akhlak di Perumahan Sosial Argopuro

Mahasiswa PGMI IAIN Kudus Gunakan Media Collage Art Terapkan Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar

Jum'at, 22 September 2023 | 11:48 WIB
header img
Mahasiswi PGMI IAIN Kudus implementasikan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan sukses pada pembelajaran. Foto: Ist

BLORA, iNewsJatenginfo.id - Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan, mahasiswi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus implementasikan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dengan sukses pada pembelajaran yamg dilaksanakan di SD  Blumbangrejo, Kabupaten Blora, Rabu (20/9).

Keberhasilan ini dicapai melalui kolaborasi antara sekolah dan salah satu mahasiswi Program Studi PGMI dari IAIN Kudus yaitu Riska Kholiliya Nisa’.

Pembelajaran STEAM menjadi fokus mahasiswa, dengan pendekatan yang menarik dan kreatif. Salah satu contoh proyek yang baru-baru ini mendapat perhatian adalah proyek collage art yang diprakarsai oleh mahasiswa PGMI IAIN Kudus. Proyek ini tidak hanya menggabungkan aspek seni, tetapi juga mengintegrasikan pengetahuan sains, teknologi,budaya dan matematika.

“Menurut kami terkadang anak butuh sesuatu yang beda misalnya metode yang diajarkan tadi. Kami berterima kasih kepada mahasiswa KKN telah mengajarkan pembelajaran  dengan metode STEAM karena sebelumnya belum pernah diajarkan oleh bapak/ibu guru. Dalam kurikulum merdeka kami lebih banyak menggunakan PBL(problem based learning) dan menurut kami pembelajaran yang dilakukan kreatif dan juga respon siswa sangat antuasias sehingga kami para gurupun juga terbantu'” kata Ratna Sari, selaku guru kelas 6.

Dalam proyek ini, siswa-siswi SD Blumbangrejo diajak untuk menggabungkan berbagai bahan dan teknik seni kolase dengan bahan biji bijian, siswa diminta untuk menempelkan biji bijian yaitu kacang hijau, jagung, dan beras.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut