get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa PGMI IAIN Kudus Gunakan Media Collage Art Terapkan Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar

Siswa SDN 4 Pucungbedug Belajar Mengolah Singkong dalam Kunjungannya ke Kampung Gagot

Kamis, 05 Oktober 2023 | 17:29 WIB
header img
Murid SDN 4 Pucungbedug saat melajar mengolah singkong di Kampung Gagot Banjarnegara.

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id - Sejumlah siswa kelas 5 dan 6 SDN 4 Pucungbedug, Kecamatan Purwanegara melakukan kunjungan ke Kampung Gagot Banjarnegara, selai berwisata, mereka juga belajar tentang mengolah singkong.

Pemilihan pengolahan singkong ini dilakukan karena wilayah Desa Pucungbedug merupakan satu wilayah pegunungan selatan Banjarnegara yang memiliki potensi pertanian singkong, sehingga para siswa ini belajar mengolah singkong untuk meningkatkan nilai ekonomi masyarakat.

Kepala SDN 4 Pucungbedug Suparni mengatakan, pembelajaran dengan praktik langsung bersama praktisi pengelola hasil pertanian yang dilakukan siswa kelas 5 dan 6 SDN 4 Pucungbedug ini merupakan satu penerapan pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka.

Mereka membuat aneka olahan singkong, termasuk membuat minuman khas Banjarnegara dari tepung mocaf. "Para siswa ini belajar membuat tepung mocaf dari singkong hingga mengolahnya menjadi dawet singkong, ini tentu sangat menarik dalam mengolah hasil pertanian daerah selatan Banjarnegara," katanya.

Sementara itu, pengawas TK SD Korwilcam Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kecamatan Purwanegara Siti Sofiah menyambut baik kegiatan yang dilakukan siswa SDN 4 Pucungbedug di Kampung Gagot, terlebih mereka belajar langsung dengan praktisi, hal ini sesuai dengan pembelajaran sesuai dengan kurikulum merdeka dalam Proyek Penguatan Pelajar Pancasila (P5).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut