get app
inews
Aa Read Next : Siap Ikuti Liga 3, Persibara Banjarnegara Mulai Berburu Pemain

Budaya Menjaga Kebersihan, Ribuan Siswa Skansa Lakukan Aksi Lisamatong

Senin, 18 September 2023 | 14:38 WIB
header img
Sejumlah siswa SMKN 1 Bawang saat memungut sampah di seputaran Alun-alun Banjarnegara dalam aksi Lisamatong, Minggu (17/9/2023). Foto. dok Skansa

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id - Sampah masih menjadi persoalan bersama, untuk itu sebagai bentuk kepedulian dan aksi nyara dari para siswa, guru dan karyawan SMKN 1 Bawang (Skansa) melakukan aksi Lihat Sampah Ambil dan Masukan Tong (Lisamatong) yang dilakukan di Alun-alun Banjarnegara, Minggu (17/9/2023).

Dalam kegiatan tersebut, ribuan siswa dari Skansa melakukan aksi mengambil sampah yang ada sekitarnya, kegiatan yang bertepatan dengan Car Free Day (CFD) Alun-alun Banjarnegara ini jelas menarik perhatian masyarakat, para siswa ini juga mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Kegiatan bertajuk Skansa Aksi Lisamatong Sehat Berkarakter ini merupakan bagian dari upaya penenaman terhadap para siswa dalam peduli lingkungan sesuai dengan kurikulum merdeka terkait penanaman karakter dalam projek P5.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bawang, Supriyadi mengatakan, kegiatan Lisamatong ini diikuti sekitar 2.165 siswa dan ratusan guru dan karyawan SMKN 1 Bawang, dimana kegiatan yang berbarengan dengan Car Free Day (CFD) Alun-alun Banjarnegara ini diawali dengan  senam bersama.

Menurutnya, target utama dalam kegiatan Lisamatong ini menanamkan sipak kepedulian dari para siswa terhadap kebersihan, dimana kebiasaan mengambil sampah dan membuangnya ke tong sebagai budaya. Aksi ini dimulai dari kompleks Alun-alun Banjarnegara menuju jalan utama yang ada di seputaran pusat Kota Banjarnegara. 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut