get app
inews
Aa Read Next : KPU Resmi Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Republik Indonesia

KPU Jateng dan Banjarnegara Survei Jalur Distribusi Logistik Daerah Rawan Bencana

Rabu, 29 Maret 2023 | 14:22 WIB
header img
KPU Jateng bersama dengan KPU Banjarnegara, PPK, PPS dan Bawaslu saat melakukan diskusi usai melakukan survei jalur distribusi logistik di daerah rawan longsor di Banjarnegara, Selasa (28/3/2023). Foto. dok KPU Banjarnegara.

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jateng bersama dengan KPU Kabupaten Banjarnegara melakukan survei jalur distribusi logistik Pemilu 2024. Survei dilakukan pada beberapa daerah rawan bencana yang ada di Banjarnegara.

Survei jalur dilakukan untuk memastikan proses distribusi logistik Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan lancar, mengingat beberapa wilayah di Banjarnegara masuk dalam zona merah yang rawan akan bencana. Beberapa lokasi yang dijadikan tempat pengecekan kondisi lapangan adalah di Desa Asinan, Kecamatan Kalibening, dan Desa Suwidak, Kecamatan Wanayasa.

Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Ikhwanudin, mengatakan, survei jalur sengaja dilakukan untuk memetakan jalur distribusi logistik Pemilu pada daerah rawan bencana, khususnya tanah gerak dan longosr. Survei ini juga sebagai pemetaan dan juga antisipasi terhadap kondisi terburuk di suatu daerah manakala dilakukan distribusi logistik Pemilu mendatang.

"Kita semua tahu Banjarnegara merupakan daerah rawan bencana, khususnya tanah gerak dan tanah longsor. Oleh karena itu kami harus melakukan antisipasi terhadap kondisi tersebut yang dapat berdampak pada penyelenggaraan Pemilu, khususnya dalam hal distribusi logistik Pemilu," katanya.

Dua wilayah tersebut merupakan zona merah dan sering terjadi bencana tanah gerak maupun longsor, apalagi Pemilu serentak akan dilaksankaan pada 14 Februrai 2024, dimana bulan tersebut wilayah Banjarnegara masuk pada musim hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Menurutnya, akses jalan menuju Desa Asinan maupun Desa Suwidak banyak terdapat tebing dan kerap terjadi longsor saat hujan turun. Bahkan akibat kejadian tersebut, beberapa kali terjadi akses jalan menuju dusun tertentu tertutup total.

"Survei ini untuk mencari solusi atau jalur alternatif distribusi logistik, sehingga pada saatnya nanti, distribusi logistik Pemilu tetak aman dan lancar," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut