get app
inews
Aa Read Next : Siap Ikuti Liga 3, Persibara Banjarnegara Mulai Berburu Pemain

SMP di Banjarnegara Fun Cooking untuk Tanamkan Jiwa Wirausaha

Minggu, 12 Maret 2023 | 13:04 WIB
header img
Sejumlah pelajar saat melakukan praktik membuat aneka makanan sebagai bagian dari praktik pembelajaran kurikulum merdeka di lingkungan sekolah, Sabtu (11/3/2023). Foto. dok SMPN 1 Bawang.

BANJARNEGARA, iNewsJatenginfo.id - Sesuai dengan kurikulum merdeka, sejumlah siswa SMPN 1 Bawang Banjarnegara menggelar Fun Cooking yang merupakan implementasi dari Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di lingkungan sekolah, Sabtu (11/3/2023).

Fun Cooking yang dilakukan merupakan bagian dari penguatan dan praktik dari profile pelajar pancasila yang meruapkan bagian dari kurikulum merdeka. Dimana dalam kurikulum meredeka, para siswa melakukan bebagai kegiatan berbasis projek. Metode ini merupakan pembelajaran baru dalam menggali potensi yang dimiliki oleh para siswa.

Koordinator kegiatan Kundaru Wahyono mengatakan, dalam kegiatan ini, para siswa tidak hanya membuat masakan, tetapi juga memiliki tanggungjawab dalam meranjang jenis makanan dan menjual hasil makanan yang diolahnya.

Tak hanya itu, siswa juga dilatih dalam kewirausahaan, sehingga mereka juga membuat berbagai rancangan serta modal usaha dalam membuat masakan atau jajanan yang akan dijual, termasuk mentukan harga jual hingga pamflet sebagai sarana untuk promosi.

"Untuk fun cooking ini hasil karaya siswa yang dijual di lingkungan siswa, kegiatan ini juga bagian dari pembelajaran kurikulum merdeka yang menyebutkan setiap individu belajar sepanjang hayat," katanya.

Selain itu, P5 juga menggambarkan tentang siswa yang memiliki  kompetensi, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Kegiatan P5 ini merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

"Ada tiga bentuk projek dalam P5 di sekolah kami, yakni tema gaya hidup berkelanjutan, suara demokrasi, dan kewurausahaan, dan kegiatan fuin cooking ini bagian dari kewa kewirausahaan," katanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut