get app
inews
Aa Read Next : Terbukti Edarkan Sabu, Pria ini Harus Lebaran Dibalik Jeruji Besi

Rusaknya Jalan Provinsi di Karesidenan Pati, Riyanta: Struktur Tanah dan Pengawasan Kurang Baik

Jum'at, 03 Maret 2023 | 10:47 WIB
header img
Jalan rusak. Foto: Ist

PATI, iNewsJatenginfo.id - Jalan provinsi dan kabupaten di wilayah karesidenan Pati meliputi Kabupaten Pati, Blora, dan Grobogan. Kerusakan tersebut disampaikan oleh Ketua Gerakan Jalan Lurus Riyanta disebabkan oleh beberapa faktor.

Pertama, struktur tanahnya yang kurang baik. Kebanyakan tanah lembek ditambah faktor perencanaan yang tidak diperhatikan secara maksimal. Kondisi tersebut diperparah dengan pengerjaan yang amburadul serta pengawasan yang lemah.

Kedua, lebih parah lagi kerusakan ini diakibatkan oleh sistem pengadaan barang dan jasa pemerintah. Penurunan penawaran pekerjaan kontruksi termasuk jalan bisa mencapai diatas 20 persen dari PAGU anggaran. Sedangkan dalam merencanakan anggaran biaya saat ini secara Normatif diatur SNI yang perhitungannya sangat rigit, tepat, dan ngepres. 

Ketika harga penawaran terendah yang dimenangkan secara Teknik dan Ekonomi tidak mungkin akan menghasilkan kualitas pekerjaan sesuai spek teknis. Apalagi pengawasannya yang sangat lemah, biasanya pengawas dikasih uang mingguan atau persentase dari kontrak. 

"Ketika dibandingkan dengan dasar perencanaan sebelum reformasi yang saat itu menggunakan BOW, masih diberikan Koefisien harga sampai 15 Prosen sekarang koefisien harga tidak ada, penurunan penawaran sampai diatas 20 Prosen," ucap Riyanta yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kabupaten Pati, Rembang, Grobogan dan Blora.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut