get app
inews
Aa Read Next : Gempa Terkini Guncang Sumedang, BMKG: Magnitudo 4.5, Kedalaman 10 Km

5 Fakta Gempa Bumi Magnitudo 7,8 di Turki

Selasa, 07 Februari 2023 | 11:30 WIB
header img
Gempa guncang Turki. Foto: Okezone

TURKI, iNewsJatenginfo.id - Turki selatan di goncang gempa bumi dahsyat berkekuatan Magnitudo 7,8 mengguncang Turki dekat perbatasan Suriah, kata Layanan Geologi Amerika Serikat (USGS), pada Senin 6 Februari 2023.

Gempa terjadi pada pukul 04.17 waktu setempat (01:17 GMT) pada kedalaman sekira 17,9 km, kata USGS, sebagaimana dilansir Al Jazeera.

Berikut Fakta-faktanya:

1. Guncangan Dirasakan di 3 Negara

Gempa bumi berkekuatan M7,8 yang melanda perbatasan Turki juga dirasakan di Suriah, Siprus dan Lebanon. Menurut gambar di media sosial, gempa dahsyat ini juga telah meruntuhkan sejumlah bangunan.

USGS melaporkan gempa terjadi pada Senin 6 Februari 2023 pada pukul 04.17 waktu setempat pada kedalaman sekira 17,9 km.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki (AFAD) menempatkan kekuatan gempa sebesar M 7,4 di dekat kota Kahramanmaras dan Gaziantep, dekat perbatasan Suriah, demikian diwartakan Al Jazeera.

USGS juga melaporkan gempa lainnya berkekuatan M 6,7 terjadi di dekat lokasi gempa pertama sekira 15 menit kemudian.

Otoritas Turki belum melaporkan kematian atau cedera, tetapi video yang diposting di media sosial menunjukkan bangunan yang hancur di beberapa kota di tenggara negara itu.

Penyiar TRT dan Haberturk menunjukkan gambar orang berkumpul di sekitar bangunan yang rusak di kota Kahramanmaras, mencari korban selamat.

Gubernur Provinsi Sanliurfa di tenggara Turki, Salih Ayhan, mengatakan di Twitter, "kami memiliki bangunan yang hancur" dan mendesak orang untuk pindah ke lokasi yang aman.

2. Ribuan Bangunan Hancur

Beragam video yang diposting di media sosial menunjukkan bangunan yang hancur di beberapa kota di tenggara Turki.

Penyiar TRT dan Haberturk menunjukkan gambar orang berkumpul di sekitar bangunan yang rusak di kota Kahramanmaras, mencari korban selamat.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Sanliurfa di tenggara Turki, Salih Ayhan, mengatakan di Twitter, "kami memiliki bangunan yang hancur" dan mendesak orang untuk pindah ke lokasi yang aman.

Dari informasi yang diterima, sebanyak 2.818 bangunan runtuh. Turki diketahui memang berada di salah satu zona gempa paling aktif di dunia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut