get app
inews
Aa Read Next : Gempa Terkini Guncang Sumedang, BMKG: Magnitudo 4.5, Kedalaman 10 Km

5 Fakta Gempa Bumi Magnitudo 7,8 di Turki

Selasa, 07 Februari 2023 | 11:30 WIB
header img
Gempa guncang Turki. Foto: Okezone

3. Jumlah Korban Meninggal Tembus 1.200 Orang

Presiden Turki Recep Erdogan mengatakan, 912 orang tewas di Turki setelah gempa dahsyat Magnitudo 7,8 mengguncang Turki hingga Suriah pada Senin 6 Februari 2023 pagi.

Adapun perkiraan terbaru jumlah korban jiwa di Suriah, yang berasal dari Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, adalah 320 orang. Gempa bumi terjadi di dekat perbatasan antara kedua negara.

Itu berarti perkiraan total korban tewas akibat gempa sekarang melebihi 1.200. Erdogan menambahkan, setidaknya 5.383 orang terluka di Turki. Puluhan lainnya terluka di Suriah. Sebanyak 2.818 bangunan runtuh.

Dia mengatakan, tidak dapat memprediksi berapa banyak korban tewas akan meningkat karena upaya pencarian dan penyelamatan terus berlanjut. Korban tewas di kedua negara diperkirakan akan terus bertambah.

4. Sebanyak 3 WNI Terluka

Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha mengatakan, tidak ada korban warga negara Indonesia (WNI), dalam gempa bumi M 7,8 di Turki dan Suriah. Namun, ada yang terluka.

"Sejauh ini tidak ada WNI yang menjadi korban meninggal dunia," ujar Judha dalam keterangan tertulisnya.

Dia mengatakan, KBRI Ankara telah berkoordinasi dengan Otoritas lokal di daerah tersebut, Satgas Perlindungan WNI dan PPI di sekitar lokasi. Kemudian, sejumlah WNI di Kahramanmaras diminta untum meninggalkan apartemen karena mengalami kerusakan parah.

KBRI Ankara, kata Judha juga tengah mengupayakan rumah penampungan sementara sambil menunggu penanganan dari otoritas setempat.

"Tiga orang WNI mengalami luka, 1 orang di Kahramanmaras dan 2 orang Hatay, dan saat ini sudah dirujuk ke rumah sakit terdekat," ujarnya.

5. Turki Umumkan Alarm 4 Minta Bantuan Internasional

Otoritas Turki mengerahkan tim penyelamat dan memasok pesawat ke wilayah sekitar kota Kahramanmaras, sembari mengumumkan "alarm level 4" yang menyerukan bantuan internasional.

Pernyataan awal oleh para pejabat menyebutkan jumlah korban tewas setidaknya 23 di provinsi Malatya Turki, 17 di Sanliurfa, enam di Diyarbakir dan lima lainnya di Osmaniye. Selatan melintasi perbatasan di Suriah, media pemerintah mengatakan 42 telah tewas.

"Saya tidak pernah merasakan hal seperti ini dalam 40 tahun hidup saya," kata Erdem, warga kota Gaziantep, Turki, dekat pusat gempa, yang menolak menyebutkan nama belakangnya, dikutip Reuters.

"Kami terguncang paling tidak tiga kali dengan sangat kuat, seperti bayi di buaian,” pungkasnya.

 

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut