get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Kebumen Terima Bantuan Dana Rp11,8 Miliar Setelah Berhasil Kurangi Angka Stunting

Inspiratif! Agar Transparan Transaksi Keuangan di Desa-desa Kebumen Terapkan Nontunai

Selasa, 31 Januari 2023 | 10:35 WIB
header img
Pemkab Kebumen wujudkan transaksi nontunai di desa-desa. (Foto: Pemkab Kebumen)

Diketahui, CMS merupakan sebuah layanan yang digunakan untuk transaksi pembelanjaan kepada rekanan. Tim pengembang Siskeudes telah menyediakan antarmuka berupa Application Programming Interface (API), yaitu suatu aplikasi pendukung yang ditambahkan pada server pemerintah daerah sehingga data transaksi Siskeudes dapat diakses dan dibaca oleh pihak Bank.

Data tersebut dapat dipanggil untuk validasi atau melihat transaksi desa sehingga pembayarannya dapat dilakukan secara real time. Terdapat tiga peran dalam penerapan Siskeudes berbasis CMS.

Pertama Sekdes melakukan aksi input CMS ID di CMS Bank Jateng yang didapat pada saat pembuatan dan pencairan SPP pada aplikasi siskeudes. Kemudian Admin Kecamatan melakukan aksi check di CMS Bank Jateng, terakhir Kades melakukan aksi approval di CMS Bank Jateng.

Bertepatan dengan itu, pemerintah juga melaunching lomba desa 2023 berhadiah 12 mobil. Lomba ini pada tahun ini kembali diadakan untuk meningkatkan inovasi dan kinerja pemerintah desa. Sehingga desa semakin maju, masyarakatnya sejahtera.

"Kita terus melakukan pembaharuan, artinya data kemarin tidak boleh dimuat lagi. Nanti ada fervikasi data lapangan. Lomba ini masih terkait sistem pemerintahan desa, dan pemberdayaan masyarakatnya, sejauh mana inovasi yang dihasilkan," ucap Cokro.

Lomba ini kata dia, akan diumumkan pemenangnya pada Agustus 2023 atau tepat pada peringatan Hari Jadi Kabupaten Kebumen. Pihaknya meminta agar desa lebih serius, dan aktif melakukan inovasi-inovasi dalam setiap program kerjanya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut