Logo Network
Network

Inspiratif! Agar Transparan Transaksi Keuangan di Desa-desa Kebumen Terapkan Nontunai

Elde Joyosemito
.
Selasa, 31 Januari 2023 | 10:35 WIB
Inspiratif! Agar Transparan Transaksi Keuangan di Desa-desa Kebumen Terapkan Nontunai
Pemkab Kebumen wujudkan transaksi nontunai di desa-desa. (Foto: Pemkab Kebumen)

KEBUMEN, iNewsJatenginfo.id - Dalam rangka mewujudkan pengelolaan keuangan desa yang transparan, akuntabel dan partisipatif, Pemkab Kebumen melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) bekerjasama dengan Bank Jateng Kebumen menerapkan Cash Management System (CMS). CMS kemudian diintegrasikan dengan aplikasi Siskeudes.

Acara peluncuran berlangsung di Rumah Makan Yunani, Senin (30/1/2023). Selain Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, jajaran Forkompimda, pimpinan OPD, pimpinan Bank Jateng Cabang Kebumen, juga ada 449 kepala desa se-Kabupaten Kebumen berserta camat.

Bupati menyambut baik diterapkannya, CMS dalam aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes). Dengan begitu, sistem pengelolaan keuangan desa menjadi lebih terintegrasi, akuntabel dan transparan.

"Ini merupakan bagian dari reformasi birokrasi yang ingin kita terapkan dalam rangka menciptakan tata kelola pemerintahan yang modern, bersih, akuntabel dan transparan sampai  di tingkat desa,”kata Bupati.

Dengan layanan ini, transaksi keuangan desa tidak lagi dilakukan secara cash, melainkan non tunai. Baik dalam pembayaran gaji kepala desa, perangkat, dan juga belanja desa.

"Semua sudah masuk dalam sistem rekening melalui Bank Jateng,”jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dispermades Kebumen Cokro Aminoto menambahkan kedepan penerimaan anggaran desa dan pengeluaraannya disalurkan melalui rekening berbasis CMS. Saat ini sistem sudah bisa diterapkan disemua desa yang ada di Kebumen. "Hari ini kita launching secara serentak, untuk semua desa sudah bisa menggunakan CMS," ucapnya.

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini