get app
inews
Aa Read Next : Cegah Stunting Dengan Tingkatkan Layanan KB di Pekalongan

Pemkab Kebumen Terima Bantuan Dana Rp11,8 Miliar Setelah Berhasil Kurangi Angka Stunting

Rabu, 04 Oktober 2023 | 14:29 WIB
header img
Pemkab Kebumen menerima bantuan atau dana insentif fiskal tahun ini dalam kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat dari Kemenkeu sebesar Rp 11,8 Miliar. (Foto: Istimewa)

KEBUMEN, iNewsJatenginfo.id - Pemkab Kebumen menerima bantuan atau dana insentif fiskal tahun ini dalam kategori peningkatan kesejahteraan masyarakat dari Kementerian Keuangan sebesar Rp 11,8 Miliar.

Dana tersebut diberikan karena Pemkab Kebumen dianggap berhasil mengurangi angka stunting dan berhasil mempercepat penggunaan anggaran APBD 2023. Keputusan ini diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan Nomor 350 Tahun 2023 pada tanggal 2 Oktober 2023.

Insentif Fiskal sendiri merupakan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diberikan kepada Daerah berdasarkan kriteria tertentu, seperti peningkatan kinerja dalam tata kelola keuangan daerah, pelayanan umum pemerintahan, dan pelayanan dasar yang mendukung kebijakan nasional atau pelaksanaan kebijakan fiskal nasional.

Seperti yang diketahui, ada empat kategori pencapaian insentif fiskal kinerja tahun berjalan yang diberikan kepada kabupaten/kota, yaitu: pertama, pencapaian dalam mengurangi kemiskinan ekstrem. Kedua, pencapaian dalam mengurangi stunting. Ketiga, pencapaian dalam penggunaan produk dalam negeri, dan keempat, pencapaian dalam percepatan penggunaan anggaran daerah.

"Bersyukur pada APBD Perubahan 2023 ini, kita mendapatkan dana insentif sebesar Rp11,8 Miliar dari Kementerian Keuangan, karena Pemerintah Kabupaten Kebumen berhasil mengurangi angka stunting dan berhasil mengelola anggaran APBD dengan baik," kata Bupati Selasa (3/9/2023).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut