Logo Network
Network

Hati-hati! Modus Baru Bobol Rekening Melalui Tautan Undangan Nikah Beredar

M Wali
.
Senin, 30 Januari 2023 | 09:30 WIB
Hati-hati! Modus Baru Bobol Rekening Melalui Tautan Undangan Nikah Beredar
Foto: Tangkapan Laya

SEMARANG, iNewsJatenginfo.id - Orang-orang harus berhati-hati saat menerima tautan dari WhatsApp yang tidak mereka kenali. Alasannya, bisa jadi kasus pengambilalihan akun.

Baru-baru ini sempat viral kasus link undangan pernikahan yang dibagikan melalui WhatsApp, namun ternyata kasus pencurian rekening bank.

Bagaimana itu bisa terjadi? Diketahui, jika link undangan ditekan atau dibuka, pelaku bisa langsung mengakses mobile banking nasabah (mobile banking).

Kisah yang sama ini beredar di utas WhatsApp. Dimana pelanggan menjadi korban penipuan setelah mengklik link yang dikirimkan oleh orang yang tidak dikenal. Akibatnya, tabungannya hilang.

“Kalau ada yang mengirim undangan ke nomor Whatsapp yang tidak dikenal suruh klik link jangan diklik ya saya korban uang di tabungan lumayan,” kata informasi yang beredar di Whatsapp, Jumat (27/1/2023).

Dalam pesan yang dibagikan, terlihat pelaku mengirimkan undangan pernikahan yang umumnya terlihat seperti undangan. Di bawah pesan undangan tersebut, pelaku menyertakan tautan yang muncul untuk mengarahkan penerima pesan agar mengunduh aplikasi.

Jika aplikasi tersebut diunduh, pelaku dapat mencuri data pribadi dan berbagai informasi yang akan diterima melalui SMS. Ini juga termasuk data perbankan seperti one-time password (OTP) dan data lain yang bisa diambil oleh pelaku phishing.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News

Bagikan Artikel Ini