get app
inews
Aa
Read Next : Pendiri Polmark Indonesia Ungkap Lima Modus Pencurian Suara pada Pemilu 2024, Ini Penjelasannya

Usai 60 Anggota PPK Pemilu 2024 Dilantik, Bupati Sukoharjo Ingatkan soal Integritas

Kamis, 05 Januari 2023 | 10:33 WIB
header img
Pelantikan anggota PPK Pemilu 2024 oleh KPU Sukoharjo. Foto: iNews/Istimewa

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id - Sebanyak 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilu 2024, dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukoharjo di Hotel Tosan, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (4/1/2023).

Bupati Sukoharjo Etik Suryani yang hadir bersama Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, dan Dandim Letkol Czi Slamet Riyadi berpesan, kepada anggota PPK yang baru dilantik untuk selalu ingat dan menjalankan tugas-tugasnya dengan penuh integritas.

"Tahun 2024 akan menjadi tahun politik besar-besaran di Indonesia. Pada tahun tersebut, Pemilu dan Pilkada bakal digelar serentak. Banyak tantangan yang menghadang yang harus diatasi," kata Bupati.

Diantara tantang dimaksud adalah, bertambahnya jumlah Partai Politik (parpol) peserta Pemilu, sebagaimana Keputusan KPU RI Nomor 518 Tahun 2022, tentang Penetapan Parpol. Ada 19 Parpol terdiri 9 Parpol parlemen dan 9 non parlemen yang lolos verifikasi KPU.

"Hal ini tentunya menambah rumit proses secara teknis yang perlu ketelitian, kecermatan, dan kehati-hatian dalam melaksanakan tugas-tugas tersebut pada saat tahapan pemungutan dan rekapitulasi hasil perolehan suara," sebut Bupati.

Menurut Etik, semakin sering melaksanakan Pemilu tentunya masyarakat menjadi lebih memahami tentang proses demokrasi, sehingga ekspektasi masyarakat menjadi lebih besar, yaitu tuntutan pelaksanaan Pemilu menjadi lebih baik dari sisi penyelenggaraan.

"Oleh karena itu saya berpesan kepada seluruh anggota PPK yang baru dilantik, agar dalam melaksanakan tugas, wewenang, dan kewajiban senantiasa berpedoman pada peraturan perundang-undangan yang ada, dan selalu berpegang teguh pada asas penyelenggaraan Pemilu,' ucap Etik.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut