get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Beri Apresiasi Timnas Indonesia yang Lolos Piala Asia U-23 Pasca Kalahkan Turkmenistan

PPKM Dicabut, Ketua Kadin Indonesia: Bisa Jadi Momentum Penguatan Ekonomi 2023

Senin, 02 Januari 2023 | 18:11 WIB
header img
Menurut Ketua Umum KDIN Indonesia Arsjad Rasjid Pencabutan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) bisa jadi momenum penguatan kembali ekonomi 2-2023


Arsjad mengatakan, industri retail selama 2022 perlahan-lahan tumbuh. Memang, selama Maret 2020 hingga Maret 2021 lebih dari 1.500 gerai retail gulung tikar. Namun, kini sektor perdagangan domestik tumbuh dengan baik.  

Badan Analisa Informasi dan Kebijakan (BAIK) KADIN memproyeksikan sektor ini akan tumbuh sebesar 4,4-4,8 persen di 2023. Selain itu, pariwisata juga terlihat berada di jalur positif. 

Wisatawan mancanegara dan domestik telah bebas bepergian di Indonesia, hal ini mendorong peningkatan sektor akomodasi, makanan, dan minuman. KADIN BAIK memproyeksikan pertumbuhan sektor ini bisa mencapai 4,2 persen di 2023.

Meskipun PPKM telah ditiadakan, Arsjad menyebut, mindset masyarakat sudah banyak berubah. Menurutnya, kesadaran masyarakat akan kesehatan saat ini jauh lebih meningkat dari sebelum pandemi dan mereka cenderung lebih mandiri dalam mendeteksi gejala Covid menggunakan PCR ataupun antigen dan mencari pengobatan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut