get app
inews
Aa Read Next : Kolaborasi DKK Sukoharjo dan Komunitas MSI Gencarkan Penanggulangan TBC yang Kian Meningkat

Kasus TBC Melonjak, DKK Sukoharjo Lakukan Penanganan dengan Kolaborasi

Jum'at, 16 Desember 2022 | 13:27 WIB
header img
Konferensi pers DKK Sukoharjo dan MSI tentang kolaborasi penangganan temuan meningkatnya kasus TBC di Sukoharjo. Foto: iNews/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id - Penguatan, peningkatan akses, kontribusi dan kolaborasi seluruh fasyankes (Fasilitas Pelayanan Kesehatan) baik pemerintah dan swasta melalui implementasi District based Publik Private Mix (DPPM) dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo untuk penanganan temuan meningkatnya kasus Tuberkulosis (TBC).

Berdasarkan data yang terlaporkan dari DKK, sampai dengan 14 Desember 2022, penemuan terduga TBC sebagai salah satu indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan sebesar 7.954 orang (70,6%) dan penemuan kasus TBC sebesar 1.046 kasus (55,7%). Ini menunjukkan bahwa temuan kasus TBC di Sukoharjo melebihi angka nasional (45,7%).

"Capaian penemuan terduga TBC tahun 2022 meningkat 3,6 kali lipat dibanding tahun 2021, dan penemuan kasus TBC meningkat 1,6 kali lipat," kata Kepala DKK Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu saat konferensi pers pernyataan bersama upaya kolaborasi penanggulangan TBC di Sukoharjo pada, Kamis (15/12/2022).

Menurutnya, berbagai upaya yang telah dilakukan atas temuan itu adalah gerakan bersama atau kolaborasi melalui DPPM Kabupaten Sukoharjo yang terdiri lintas program, lintas sektor, dan berbagai organisasi profesi kesehatan untuk melakukan surveilans aktif (SA) dan investigasi kontak (IK) kasus.

"DPPM Sukoharjo terbentuk pada, 24 Mei 2022 lalu, melibatkan seluruh program terkait di DKK, Kepala Puskesmas, perwakilan rumah sakit, perwakilan klinik, dan organisasi profesi kesehatan (IDI, PPNI, IBI, IAI, PATELKI, IAKMI, FORMIKI, PERSAGI)," terang Tri Tuti.

Terkait dukungannya, organisasi profesi kesehatan sebagai mesin penggerak dari DPPM tergabung dalam Koalisi Organisasi Profesi Penanggulangan (KOPI) TBC. DPPM dan KOPI TBC dibentuk untuk meningkatkan capaian penemuan, pengobatan, pencatatan, dan pelaporan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut