get app
inews
Aa Read Next : Yayasan MSI Kota Semarang Adakan Pertemuan Komunitas dan Pemangku Kepentingan Jejaring DPPM

Kolaborasi DKK Sukoharjo dan Komunitas MSI Gencarkan Penanggulangan TBC yang Kian Meningkat

Kamis, 30 November 2023 | 13:27 WIB
header img
Konferensi pers upaya penanggulangan TBC oleh DKK Sukoharjo bersama Komunitas MSI Sukoharjo.Foto:iNews/ Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id -  Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo berkolaborasi dengan Yayasan Mentari Sehat Indonesia (MSI) menggalang komitmen dalam penanggulangan penyakit Tuberkulosis (TBC) yang mengalami kenaikan jumlah kasusnya.

Untuk mewujudkan komitmen itu, berbagai pertemuan koordinasi lintas sektoral terkait dan multisektor seperti SPSI, APINDO, Disnaker, Dinas Sosial, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, hingga organisasi profesi kesehatan, telah dilakukan.

Kepala DKK Sukoharjo, Tri Tuti Rahayu dalam konferensi pers bertajuk 'Komitmen Bersama Upaya Kolaborasi Penanggulangan Tuberkolusis di Kabupaten Sukoharjo', bersama Komunitas Mentari Sehat Indonesia (MSI) menyampaikan, capaian penemuan terduga TBC di Kota Makmur lebih dari 100%.

"Hal ini dikarenakan gerakan bersama dari lintas program, lintas sektoral, dan berbagai profesi kesehatan untuk melakukan Surveilans Aktif (AI), dan Investigasi Kontak (IK) kasus, baik di faskes ataupun masyarakat beresiko. Namun kegiatan surveilans belum maksimal di lakukan dilingkungan kerja (perusahaan)," kata Tuti, Rabu (29/11/2023).

Menurutnya, TBC merupakan tantangan untuk pembangunan Indonesia karena 75% pasien TBC berasal dari kelompok usia produktif, 15-54 tahun (Riskedas 2018).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut