get app
inews
Aa Read Next : Warga Wonosobo Diimbau Menjauh akibat Gas Co2 di Kawah Timbang Dieng Meningkat

Breaking News! Gunung Semeru Kembali Erupsi Tinggi Kolam Letusan Capai 1.000 Meter

Jum'at, 16 Desember 2022 | 13:17 WIB
header img
Gunung Semeru kembali erupsi, tinggi kolam letusan capai 1.000 meter. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Gunung Semeru kembali erupsi, tinggi kolam letusan capai 1.000 meter, masyarakat diminta waspada. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan Gunung Semeru kembali erupsi pagi ini, Jumat 16 Desember 2022.

Petugas Pos Pengamatan Gunung Semeru, Mukdas Sofian lewat laman resmi PVMBG, Jumat (16/12/2022) mengatakan kalau tinggi kolom letusan 1000 meter di atas puncak. Untuk itu dirinya meminta masyarakat untuk tetap waspada.

“Terjadi erupsi G. Semeru pada hari Jumat, 16 Desember 2022, pukul 04:55 WIB. Tinggi kolom letusan teramati ± 1000 m di atas puncak (± 4676 m di atas permukaan laut),” ujarnya.

Mukdas mengatakan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal ke arah utara.

“Kolom abu teramati berwarna putih, kelabu hingga coklat dengan intensitas tebal ke arah utara. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 20 mm dan durasi 100 detik,” katanya.

Saat ini, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas apapun di sektor tenggara di sepanjang Besuk Kobokan, sejauh 13 km dari puncak (pusat erupsi).

“Di luar jarak tersebut, masyarakat tidak melakukan aktivitas pada jarak 500 meter dari tepi sungai (sempadan sungai) di sepanjang Besuk Kobokan karena berpotensi terlanda perluasan awan panas dan aliran lahar hingga jarak 17 km dari puncak,” kata Mukdas.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut