get app
inews
Aa Read Next : Meski Berstatus Waspada, BPBD Sebut Dataran Tinggi Dieng Masih Aman Dikunjungi

Warga Wonosobo Diimbau Menjauh akibat Gas Co2 di Kawah Timbang Dieng Meningkat

Selasa, 17 Januari 2023 | 12:27 WIB
header img
Kawah Timbang Dieng. Foto: Antara

WONOSOBO, iNewsJatenginfo.id - Gas CO2 di Kawah Timbang Dataran Tinggi Dieng di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara mengalami peningkatan yang siginifikan.

Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengimbau warga untuk menjauh sementara.

"Berdasarkan pemantauan yang dilakukan sejak hari Minggu (15/1/2023), pukul 21.16 WIB, hingga Senin (16/1/2023), pukul 05.00 WIB, terjadi peningkatan gas CO2 yang signifikan dari Kawah Timbang Dataran Tinggi Dieng di Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, Banjarnegara," kata petugas Pos PGA Dieng, Aziz Yuliawan dari Purwokerto, Kabupaten Banyumas saat dikonfirmasi, Senin.

Kata dia, alat pengukur gas konsentrasi gas CO2 mencatat sudah mencapai 5.600 ppm pada hari Senin (16/1), pukul 00.27 WIB, dan hal tersebut diperkirakan meningkat terus hingga pada pukul 01.30 WIB mencapai 7.300 ppm.

"Jarak antara alat ukur dan pusat Kawah Timbang adalah 170 meter," katanya.

Dalam hal ini potensi bahaya dapat terjadi melihat aktivitas vulkanik di Dieng terutama CO2 di Kawah Timbang yang dapat diikuti oleh terjadinya aliran gas CO2.

"Berdasarkan hasil evaluasi secara menyeluruh maka tingkat aktivitas Gunung Dieng pada hari Senin (16/1), pukul 06.00 WIB, masih pada Level II (Waspada) dengan rekomendasi yang disesuaikan dengan potensi ancaman bahaya terkini," paparnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut