get app
inews
Aa
Read Next : Sabtu Pagi ini Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan Asap Putih dan Lava Pijar

Pesantren di Lumajang Santrinya Tolak Dievakuasi saat Erupsi Gunung Semeru, Ini Alasannya

Selasa, 06 Desember 2022 | 15:54 WIB
header img
Pengasuh Pondok Pesantren Barokah Al Hidayah, Nur Kholis, menjelaskan alasan pihaknya menolak dievakuasi oleh tim SAR ketika erupsi Gunung Semeru. Foto : Saif Hajarani/MPI

LUMAJANG, iNewsJatenginfo.id – Sebuah video pengasuh pondok pesantren di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo yang menolak evakuasi saat erupsi Gunung Semeru viral di media sosial. Sebelumnya diberitakan, pihak pesantren tidak mau karena alasan yang tidak jelas.

Pada video yang beredar, pengasuh Ponpes Nurul Barokah Al-Hidayah memilih bertahan bersama 15 santrinya dan menolak ajakan petugas untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman. Hal itu pun menimbulkan kecemasan, karena Gunung Semeru sudah memuntahkan awan panas guguran (AP).   

Aksi penolakan pengasuh ini pun menuai tanggapan beragam dari netizen. Mayoritas menyayangkan sikap pengasuh pesantren yang dianggap abai terhadap keselamatan jiwa.

Menanggapi video viral itu, Pengasuh Ponpes Nurul Barokah Al-hidayah memberikan klarifikasi. Dia mengatakan, penolakan itu dilakukan karena tidak senang dengan cara petugas saat memintanya mengungsi.

Dia menilai sikap petugas gabungan yang melakukan evakuasi kurang baik. Bahkan, menurutnya ada pemaksaan dan tidak sopan.

"Santri saya ada yang diseret-seret. Jangan seperti itu. Kalau dengan cara baik-baik, kami pasti mau," katanya, Selasa (6/12/2022).

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut