get app
inews
Aa Read Next : Dua Napiter di Lapas Brebes Ucapkan Sumpah dan Ikrar Setia kepada NKRI

Mantan Napiter Diminta Kembali Gabung usai Bebas dari Penjara

Senin, 12 Desember 2022 | 09:21 WIB
header img
Kisah mantan Napiter yang diminta kembali gabung usai bebas dari pejara. Foto: DOK.iNews.id.

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Kisah mantan Napiter yang diminta kembali gabung usai bebas dari pejara. Pujianto alias Raider Bakiyah menjadi satu dari sekian mantan narapidana teroris (napiter) yang memutuskan kembali bergabung ke Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan bertaubat.

Raider Bakiyah menjadi salah satu kombatan ISIS dengan kemampuan perakitan dan pelatihan menembak menggunakan senjata api (senpi). Warga Sumbermanjing Wetan ini mengisahkan sempat diamankan oleh Detasemen Khusus (Densus) 88 Mabes Polri di Stasiun Kroya, Cilacap pada 2016 lalu.

Kemudian ia menjalani hukuman di penjara dan dinyatakan bebas pada 2019 lalu. Perjuangan panjang pun pasca kebebasannya dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) diakui tak mudah.

Pujianto mengaku sempat beberapa kali diminta bergabung lagi ke jaringan teroris, dimana ia dulu berkecimpung.

"Panjang itu karena pemahaman ranah ijtihadi, karena kalau teman-teman punya pemahaman seperti itu oke. Karena mereka punya ijtihad seperti itu, dan saya nggak mungkin menyalahkan kalau kamu salah," ucap Pujianto, saat ditemui di Kawasan Terpadu Nusantara (KTN) Turen, Kabupaten Malang, pada Jumat (9/12/2022).

Jalan panjang Pujianto untuk mempertanyakan kebenaran pemahaman jihad yang ia anut itu masih terus dipelajari setelah bebas dari Lapas. Ia pun belajar ke beberapa ulama untuk memperdalam makna jihad yang identik dengan perbuatan teror itu. Dari sanalah dirinya bisa kembali ke jalan yang benar, dan benar-benar menjalankan deradikalisasi sesungguhnya pasca keluar Lapas.

"Kalau saya bisa kembali itu karena saya ingin belajar, apakah ternyata yang saya lakukan benar itu perlu proses yang sangat panjang, saya bertemu banyak ulama dan sangat panjang sekali. Akhirnya ternyata kalau toh seperti ini saya merasa baik-baik saja kenapa tidak," tuturnya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut