get app
inews
Aa Read Next : Jamu Diakui sebagai WBTB Dunia, Begini Sejarah dan Perkembangannya di Jateng

Kebaya sebagai Identitas Busana Perempuan Indonesia

Sabtu, 26 November 2022 | 13:18 WIB
header img
Tuti N Roosdiono adalah Anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan. Foto: Ist

INDONESIA adalah negeri yang sangat kaya raya akan budaya dan memiliki ke unikan tersendiri. Negara yang sarat dengan filosofi dan nilai kehidupan.

kebaya adalah salah satu busana khas kebanggaan perempuan Indonesia yang sudah digunakan sejak Abad 15,  merupakan warisan budaya  peninggalan nenek moyang yang sangat anggun dan sangat kita banggakan. kebaya adalah busana yang selalu dipadupadankan secara harmoni dengan berbagai jenis  wastra Nusantara  seperti kain batik, kain tenun, kain songket, kain ikat, kain lurik, kain jumputan. Tidak ada negara lain yang memiliki kebaya yang dapat dipadupadankan  dengan wastranya selain Indonesia.

Pemadupadanan itu berdampak luar biasa. Padupadan ini membawa perempuan Indonesia ke suatu persatuan, keramahan, keharmonian, kebersamaan untuk bersuara dan bangga dengan busana kebayanya, menyatu dengan alam budaya yang menghormati indahnya seni wastra dari masing-masing  daerah.

Harmoni ini adalah kehidupan masyarakat Indonesia yang rukun, damai, toleran, di tengah perbedaan.

Seluruh masyarakat Indonesia pastinya bisa ikut merasakan arti kebaya terhadap kehidupan berkelanjutan bagi perempuan Indonesia.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut