get app
inews
Aa Read Next : Momentum Hari Pahlawan, Pemprov Jateng Ajak Semua Pihak Kolaborasi Entaskan Kemiskinan dan Kebodohan

Kodim Sukoharjo Kumpulkan 18 Perguruan, Gelar Seni Budaya Silat dan Ikrar Damai

Rabu, 16 November 2022 | 12:58 WIB
header img
Perwakilan Perguruan silat SH Terate menanda tangani ikrar damai di Kodim 0726/Sukoharjo. Foto: iNews/Nanang SN

SUKOHARJO, iNewsJatenginfo.id - Sebanyak 18 perguruan silat melalui perwakilan, mengikuti Kodim 0726/ Sukoharjo menggelar event seni budaya pencak silat dalam rangkaian Hari Pahlawan sekaligus sebagai ajang silaturahmi.

Acara yang dimaksudkan untuk membangun kebersamaan dan toleransi itu, diikuti sebanyak 18 perguruan silat di Sukoharjo. Penyelenggaraan bekerja sama dengan Dispora Sukoharjo dan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Cabang Sukoharjo, bertempat di Makodim Sukoharjo, Selasa (15/11/2022).

"Sebelumnya kami mengundang pihak Dispora dan IPSI untuk berkoordinasi terkait kegiatan ini. Jadi ini memang inisiatif dari kami," kata Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol Czi Slamet Riyadi.

Dari pertemuan koordinasi itu, kemudian disepakati masing -masing perguruan silat akan perform (unjuk gigi) menampilkan ciri khasnya. Jadi, sifatnya bukan kompetisi untuk mencari yang terbaik.

Ketua IPSI Cabang Sukoharjo Wiyono, didampingi Pembina IPSI Sukoharjo Wiwoho Aji Santosa, mengatakan, selain menampilkan masing - masing perguruan silat, juga ditampilkan para atlet Pra Porprov Jateng.

"Mereka pada, 5 Desember 2022 mendatang, akan maju tampil di Blora.  Kami berharap dengan adanya event di Kodim Sukoharjo ini, mereka semakin termotivasi dan siap mental," kata Wiyono.

Ditegaskan oleh Wiyono, event seni budaya pencak silat yang diselenggarakan Kodim Sukoharjo kali ini, merupakan komitmen kebersamaan antar perguruan silat untuk menjaga kamtibmas khususnya di wilayah Sukoharjo.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sukoharjo, Setyo Aji Nugroho yang hadir dalam acara, menyampaikan apresiasinya dan  sangat mendukung event yang diselenggarakan Kodim Sukoharjo tersebut.

"Karena ini juga membawa nama Kabupaten Sukoharjo, apalagi dengan tampilnya Tim Pra Porprov disini," imbuh Aj.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut