get app
inews
Aa Read Next : Kurikulum Merdeka dan Akselerasi Pendidikan

Pendidikan Masa Kini berbasis Teknologi

Selasa, 15 November 2022 | 08:52 WIB
header img
Pendidikan Masa Kini berbasis Teknologi. Foto: Ist

Hal ini selain berguna dalam melihat sejauh mana tujuan belajar dan strategi pembelajarn bisa dievaluasi dengan baik, data yang menyajikan rinci dan dilakukan secara nasional ini juga bisa menjadi tolak ukur yang efektif tentnag jalannya pendidikan nasional. ANBK memudahkan guru menilai tumbuh kemang para peserta didik kita. disamping lainnya, ANBK yang bukan merupakan system ujian seperti yang pernah ada di kebijakan yang dahulu juga tidak menjadi momok yang menakutkan para peserta didik. Siswa sekolah tidak dibebani harus lulus ujian baru dengan penilain yang biasanya multak dari ujian nasional.

Selain itu, paltfrom merdeka belajar yang membawa banyak infromasi dan sarana pembelajaran bagi guru mngembangkan potensi diri dan kreativitas juga muncul sebagai terobosan yang sangat relevan. Guru semakin mampu mendapat inspirasi yang banyak dalam platfrom ini, guru pun bisa fokus melakukan tugasnya mengajar dan mendapat banyak gambaran mengenai pembelajaran dan secara luas dan terbuka bisa sling berbagi di platfrom mereka mengajar ini. Kebijakan yang menampakan betapa kepedulian kemendikbudrsitek tidak hanya pada tataran aturan saja tapi bagaimana teknis yang mampu memudahkan tugas guru kita.

Peltrom merdeka mengajar ini juga memberikan kesempatan tenaga pengajar bisa saling semakin kreatif dan kritis terhadap pembelajaran yang dilakukan ke peserta didik. Hal ini tentu sangat penting, sebab seringkali perbedaan wilayah, kebutuhan, atau karakter daerah seorang pengajar yang melakukan tugasnya itu mempengaruhi keberhasilan pembelajaran ini. Melalui ini pengajar bisa saling berbagi agar bisa menginpirasi satu sama lainnya. Namun demkina, kita juga perlu menggaris bawahi bahwa kebijakan yang baik ini juga harus dikawal agar bisa merata sampai ke wilayah – wilayah yang kecil, wilayah yang kecil ini justru yang sangat membtuhkan terobosan semacam ini. Semoga saja bisa sampai dengan cepat dan tidak ada halangan.

Kita bisa melihat bahwa pendidikan masa kini memang banyak yang berbasis teknologi, mari bersama sama memanfaatkan teknologi yang ada dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan lebih serius, bijak, dan professional. Maka gencarnya revitalisasi pendidikan, seperti hal yang dilakukan oleh kemendikbudristek semoga langkah serius ini bisa terus berlajan dan berkembang, tentu dengan evaluasi terus menerus dan pendampingan yang ketat agar tidak salah sasaran

 

Oleh : Muhamad Hafiatul Annur, Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut