get app
inews
Aa
Read Next : Guru Penggerak : Mencetak Generasi Pemimpin Yang Berakhlak

Pendidikan Masa Kini berbasis Teknologi

Selasa, 15 November 2022 | 08:52 WIB
header img
Pendidikan Masa Kini berbasis Teknologi. Foto: Ist

Dari masa ke masa, ilmu pengetahuan semakin berkembang. Perkembangan ilmu pengetahuan ini kemudian mendukung terciptanya teknologi-teknologi baru yang memadai dengan kemajuan zaman. Sampai saat ini, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah masuk pada tahap yang serba digital. Termasuk di Indonesia, berbagai sektor bidang kehidupan mulai mampu memanfaatkan teknologi dalam bidang pekerjaan. Selaras dengan itu, pendidikan sebagai aktivitas utama kita pun sudah mulai menggunakannya.

Sebagai entitas yang melekat budaya dan peradaban manusia, pendidikan di belahan dunia mengalami perubahan yang sangat mendasar dalam dalam era globalisasi yang semakin modern ini. Ada banyak bukti kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membantu kegiatan umat manusia, namun setali dua dengan hal itu, semakin besar dan banyak juga tantangan dan tuntutan yang dihasilkan atas perkembangan yang ada. Pendidikan sebagai ruang yang menbina dan mengasilkan perbaikan kehidupan semakin besar tanggung jawabnya di kehidupan masyarakat.

Teknologi yang merupakan hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan ini adalah hal yang terjadi secara langsung dalam dunia pendidikan. Maka dari itu, sudah menjadi hal yang layak jika pendidikan itu sendiri dilakukan dengan menggunakan teknologi. Dalam proses pendidikan, berbagai teknologi yang ada akan digunakan sebagai alat dan metode pembelajaran. Dalam hal lain, ini juga bisa dikatakan dan lihat bahwa teknologi digital kini menjadi alat pokok dalam penyelenggaraan pendidikan.

Berbagai tawaran pendidikan yang berbasis media teknologi malah secara umum menjadi nilai jual yang strategis. Alat yang ada pun sangat beragam, tidak hanya sebatas berguna sebagai media informasi, namun juga berlaku sebagai media pembelajaran utama yang menghilangkan sekat bagi mereka yang memiliki keterbatasan ruang dan waktu untuk melakukan pendidikan. Teknologi merupakan hasil ciptaan manusia. Oleh karena itu, wajar bila memiliki kekurangan atau dampak negatif. Di dalam bidang pendidikan, selain memiliki sisi positif, teknologi juga memiliki sisi negatif.

Gencarnya Revitalisasi Pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau dikenal dengan Kemendikbudristek melalui berbagai kebijakannya banyak melakukan kebijakan tranformasi teknologi dalam dunai pendidikan kita. Sebab pendidikan yang melibatkan peran dan manfaat teknologi dirasa akan memberi kesempatan banyak pihak akan semakin mudah mengakses layanan yang ada. Bebagai terobosan mengenai teknologi yang dilakukan agar kebutuan dan tujuan pendidikan bisa sgera di capai, apalagi melihat keadaan krisis pendidikan kita yang sempat beberpa waktu lalu melanda akibat pandemi. Kemendikbudristek melalui program Assasmen Nasional Berbasis Komputer misalnya, melalui ANBK ini capaian dan kinerja porses pembelajaran mampu menyajikan banyak data yang menrinci.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut