get app
inews
Aa Read Next : Cara Melestarikan Budaya Daerah di Era Modern Agar Tidak Punah 

Transformasi Teknologi Pendidikan di Era Digitalisasi

Jum'at, 11 November 2022 | 10:35 WIB
header img
Rinto Jefriyono. Foto: Ist

PEKALONGAN, iNewsJatenginfo.id - Perkembangan Teknologi yang semakin pesat menuntut manusia untuk menyesuaikan dirinya. Hal itu pun dirasakan dampaknya di dunia pendidikan tak terkecuali di Indonesia. Awal Covid-19 menjadi awal pendidikan yang berbasis jarak jauh ( Daring ) dikenal di Indonesia walaupun konsep ini sebenarnya sudah banyak diterapkan di negara-negara Barat.

Pendidikan yang baik merupakan proses perubahan sikap ataupun tingkah laku seseorang dalam usaha mendewasakan dirinya melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Oleh karena itu, dalam pendidikan tidak terlepas dari adanya proses mengajar ataupun mendidik yang dilakukan oleh seorang guru. Dalam mendidik seorang guru harus mampu melakukan kegiatan transfer of value ( Transfer Nilai ) dan transfer of knowledge ( Transfer Pengetahuan ).

Di era digitalisasi sekarang ini, tugas pendidik sangatlah kompleks karena mereka  memiliki tanggung jawab dalam mempersiapkan generasi penerus yang sekiranya mampu menyesuaikan perkembangan zaman yang mana makin kompleks juga permasalahan yang ada dari pola pikir siswa, karakter siswa ataupun akhlak siswa. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut maka dapat diselesaikan dengan peningkatan dalam memanfaatkan teknologi dalam pendidikan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya pemerintah memberikan pelatihan-pelatihan ataupun program yang selaras dengan permasalahan tersebut. Kurikulum merdeka menjadi salah satu solusi untuk mempercepat program digitalisasi.

PLATFORM MERDEKA

Adanya perubahan Kurikulum dari Kurikulum 2013 menjadi kurikulum Merdeka menuntut pendidik untuk terus belajar dan mengembangkan potensinya. Hal ini dapat diperoleh lewat Platform Merdeka.

Rinto Jefriyono, Guru SMP Muhammadiyah Wiradesa Kabupaten Pekalongan Jawa Tengah. Berbagi kisah tentang platform Merdeka Mengajar yang sangat membantunya dalam proses pembelajaran. Ia mengaku senang dan sangat antusias karena mendapatkan pengetahuan baru dari fitur-fitur dari konten-konten yang diupload oleh teman-teman guru. Selain itu, ia pun mengaku sering mendapatkan materi materi yang dibutuhkan.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut