get app
inews
Aa
Read Next : Putin Sebut Ide Perang Antar Negara Pemilik Nuklir itu Pemikiran Orang Sakit

7 Negara ini Pernah Dilarang FIFA tampil di Piala Dunia, Apa Saja Alasannya?

Selasa, 01 November 2022 | 17:39 WIB
header img
Rusia adalah ngara yang dilarang tampil di Piala Dunia 2022 karena invasi ke Ukraina. Foto: ist

JAKARTA, iNewsJatenginfo.id - Panjangnya perhelatan Piala Dunia dari masa ke masa terdapat negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia, Apa saja alasannya?

Dikutip dari Sportbible dan OkeZone, berikut negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia beserta alasannya:

1. Rusia (Piala Dunia 2022)
Timnas Rusia adalah Negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia 2022 karena keputusan sang negara melakukan invasi ke Ukraina. Padahal, saat itu Rusia dua langkah lagi lolos ke putaran final Piala Dunia 2022.

Rusia saat itu bertemu Polandia di path B semifinal playoff Piala Dunia 2022 zona Eropa. Karena Rusia dicoret, otomatis Polandia melaju ke final playoff Piala Dunia 2022 untuk menghadapi Swedia.

2. Myanmar (Piala Dunia 2006)    
Myanmar adalah Negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia setelah menolak tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2002 yang bertempat di Iran. Alasan penolakan itu karena kedua negara memiliki paham politik yang berseberangan.Namun, FIFA membuat langkah tegas dan justru melarang Myanmar unyuk tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2006. Alhasil Myanmar dipastikan gagal ambil bagian di ajang empat tahunan yang berlangsung di Jerman tersebut.

3. Cile (Piala Dunia 1994)
Timnas Cile juga termasuk dari negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia pada Tahun 1994. Gara-gara ulah satu orang pemain, Timnas Cile menjadi korbannya. Pada 1989, kiper Cile, Roberto Rojas, melakukan akting luar biasa saat memperkuat timnya kontra Brasil.

Ia mengaku terluka karena terkena lemparan flare suporter Brasil. Padahal, ia jelas-jelas terluka karena menggunakan pisau tersembunyi yang disimpan di sarung tangannya. Akibat aksi tersebut, Cile dilarang tampil di Piala Dunia 1994.

4. Meksiko (Piala Dunia 1990)    

Selanjutnya Timnas Meksiko sebagai negara yang dilarang FIFA tampil di Piala Dunia. Setelah menjadi tuan rumah Piala Dunia 1986, Meksiko dilarang mentas di Piala Dunia 1990. Penyebabnya karena Federasi Sepakbola Meksiko mengizinkan empat pemain yang usianya melebihi batas ditentukan, mentas di Piala Dunia Junior.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut