get app
inews
Aa Read Next : Kajian PDPM Karanganyar, Bahas Pemuda Berkemajuan

SD di Solo ini Jadikan Alquran dan Pancasila sebagai Pedoman Hidup

Senin, 03 Oktober 2022 | 15:50 WIB
header img
Siswa SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta. Foto: Ist

SOLO, iNewsJatenginfo.id - 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Batik Nasional 2 Oktober. Sebagai siswa Muhammadiyah dan anak bangsa berkemajuan harus mengamalkan profil Pelajar Pancasila yang siap belajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Enam ciri utama dimulai dari beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. 

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah Penggerak SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, saat menjadi pembina upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Nasional, Senin (3/10/2022) pagi.

Suasana hikmat mewarnai upacara bendera yang digelar di halaman sekolah sehat tersebut. Peserta upacara tampak antusias menyimak pembinaan Sri Sayekti. 

“Hari ini kita memperingati hari kesaktian pancasila dan hari batik. Kalau di masyarakat pancasila sebagai pedoman hidup dan alquran sebagai pedoman hidup juga karena sebagai orang muslim,” kata dia.

Di tengah-tengah amanatnya, Sri Sayekti mengucapkan selamat sebanyak 265 siswa kelas V ABCD dan VI ABCD Qabilah SD Muhammadiyah 1 Ketelan, Surakarta antusias mengikuti kegiatan perkemahan Kamis-Jumat Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan pasca sumatif tengah semester (STS) bersama bersama Kodim 0735. 

“Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa membimbing dan meridai usaha kita semua. Semoga apa yang kita lakukan termasuk bagian dari amal kebajikan. Anak-anak harus dipahat dengan profil pelajar Pancasila dan wujud cinta tanah air dengan menggunakan batik dan mendukung produk-produk lokal,” bebernya.

Editor : Iman Nurhayanto

Follow Berita iNews Jatenginfo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut